Kenalkan Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, Usia 25 Tahun Dilantik Sebagai Menteri Termuda Malaysia

Syed Saddiq Syed Abdul Rahman. (Photo: Amy Chew)

Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dalam sekejap semakin populer di dunia maya setelah resmi diambil sumpahnya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (atau Menteri Belia dan Sukan dalam bahasa Malaysia) di Malaysia pada Senin, 2 Juli 2018. Dengan ini, Syed Saddiq yang baru akan genap berusia 26 tahun pada Desember mendatang sekaligus mencatatkan namanya sebagai menteri termuda Malaysia.

Prestasi Syed Saddiq Syed Abdul Rahman

Syed Saddiq merupakan lulusan hukum dari International Islamic University dan baru saja menolak tawaran beasiswa S2 jurusan Kebijakan Publik pada Juni 2018.

Screenshot laman Facebook Syed Saddiq Abdul Rahman

Syed Saddiq terkenal karena kecakapannya berdebat. Dia pernah memenangi beberapa penghargaan seperti kompetisi debat Asian British Parlementary (ABP) tiga kali. Keterlibatannya di dunia politik Malaysia semakin meningkat setelah dia menang melawan kandidat petahana dari Barisan Nasional, Datuk Seri Razali Ibrahim, dalam pemilihan konstituen ke-14 di negeri itu. Bersama 12 menteri dan 23 wakil menteri, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman mengucapkan sumpahnya di depan Raja Malaysia, Sultan Muhammad V, di Istana Kerajaan.

Syed berkata, dia berharap penunjukannya sebagai menteri akan membuka lebih banyak kesempatan bagi orang muda untuk memperjuangkan diri mereka sendiri di masa depan. “Orang muda bukan hanya pemimpin masa depan, tapi juga hari ini,” katanya pada reporter setelah upacara pengambilan sumpah.

Cita-citanya setelah menjabat menteri

Screenshot laman Facebook Syed Saddiq Abdul Rahman

Syed Saddiq menambahkan, hal utama yang ingin dia lakukan sebagai menteri adalah menggaungkan tentang perubahan sikap dan kebudayaan di kalangan orang muda.

Dalam satu pernyataannya, anak bungsu dari empat bersaudara ini juga bersumpah untuk memastikan supaya kaum muda terus menjadi fokus utama agenda pembangunan negara Malaysia.

Usia muda tidak menjamin minimnya kredibilitas, tingkat kemampuan, dan potensi seseorang untuk memegang jabatan di pemerintahan. Syed Saddiq Syed Abdul Rahman bisa menjadi menteri termuda Malaysia pada usia masih 25 tahun. Pada 2017 Sebastian Kurz terpilih sebagai presiden termuda Austria pada usia 31 tahun. Ini hanya dua dari banyak bukti bahwa orang muda juga cakap memimpin negara. Sudah saatnya yang muda dan bertalenta berperan aktif mengurus negara, termasuk kamu, Inspirator.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here