Peran WHO
Kantor Pusat/Headquarter World Health Organization (WHO) di Jenewa, Swiss

Halo Inspirator! Tanggal 7 April merupakan peringatan Hari Kesehatan Internasional. Inspirator Freak mau kasih insight buat Inspirator terkait salah satu badan dunia. WHO, semuanya udah tau kan ya? Bukan, bukan bahasa Inggris-nya kata ‘siapa‘, tapi badan dunia yang merupakan singkatan dari World Health Organization. WHO memiliki tugas utama, yaitu mengarahkan dan mengkoordinasikan otoritas dalam hal kesehatan internasional. Sedangkan dalam sistem Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) peran-peran WHO untuk kesehatan dunia, sebagai berikut :

  1. Memimpin penyelesaian masalah-masalah kritis terkait kesehatan

    WHO berperan memimpin upaya mengatasi masalah kritis seperti wabah penyakit (ilustrasi vaksinasi unggas mencegah flu burung) | Source: theatlantic.com
    WHO berperan memimpin upaya mengatasi masalah kritis seperti wabah penyakit (ilustrasi vaksinasi unggas mencegah flu burung) | Source: theatlantic.com
    Masih ingat bagaimana dulu wabah SARS menyebar dan membuat khawatir penduduk dunia? Atau, wabah flu burung (avian influenza) yang sempat menimbulkan larangan berpergian (travel ban) ke negara-negara tertentu? Hal-hal kritis terkait wabah penyakit dan kesehatan inilah yang menjadi tanggung jawab WHO untuk diselesaikan. Selain itu, WHO juga memimpin koordinasi dengan sejumlah lembaga terkait untuk penyelesaian masalah kesehatan. Semisal kerjasama dengan lembaga penelitian guna menciptakan obat untuk menyembuhkan wabah penyakit.
  2. Mengagendakan riset untuk kemajuan ilmu pengetahuan

    Peran WHO
    Peran WHO dalam mengagendakan riset untuk kemajuan ilmu pengetahuan di bidang kesehatan | Source: impulse.de
    Kalau ini mestinya nggak asing buat Inspirator yang masih duduk di bangku kuliah.  WHO mengagendakan dan mengatur riset-riset kesehatan sedemikian rupa guna kemajuan ilmu pengetahuan. Dengan demikian, perkembangan ilmu pengetahuan akan semakin maju di dunia. Riset yang dilakukan tentu belum sempurna. Hal ini yang dapat menstimulus para ilmuwan untuk terus mengembangkannya demi kemajuan ilmu pengetahuan.
  3. Mengatur standar-standar dan norma-norma terkait kesehatan

    Peran WHO
    WHO menetapkan standar dan norma terkait kesehatan dunia | Source: pragatimaidan.tv
    Setiap profesi memiliki standar, etika, ataupun norma sendiri yang mengatur profesi tersebut. Demikian halnya dengan hal kesehatan internasional. WHO mengatur standar-standar untuk diterapkan di negara-negara dunia terkait kesehatan. Hal ini penting guna memastikan negara-negara dunia dapat meningkatkan taraf kesehatan para penduduknya.
  4. Menyusun kebijakan-kebijakan

    Peran WHO
    Penentuan kebijakan tentang kesehatan menjadi salah satu peran WHO | Source: globalfamilydoctor.com
    Kebijakan merupakan hal yang sangat penting untuk ditetapkan dan diterapkan. Tanpa kebijakan, penanganan masalah-masalah kesehatan dapat menjadi tidak jelas dan rancu. Peran WHO salah satunya adalah untuk menyusun dan menetapkan kebijakan-kebijakan mengenai kesehatan, yang nantinya diikuti oleh negara-negara dunia.
  5. Menyediakan dukungan teknis

    Peran WHO
    WHO membantu menyediakan dukungan teknis ke negara-negara yang membutuhkan | Source: uanews.arizona.edu
    Ada kalanya suatu negara, khususnya yang masih tertinggal secara ekonomi, membutuhkan bantuan dalam hal penyediaan fasilitas-fasilitas kesehatan. Adalah peran WHO dalam pengadaan barang-barang tersebut, dengan koordinasi dari pemerintah negara yang bersangkutan. Contohnya untuk penyediaan air bersih serta klinik kesehatan di negara seperti Etiopia. Butuh bantuan WHO untuk menjangkau negara Afrika yang masih minim fasilitas itu agar mendapat akses air bersih yang cukup serta pelayanan kesehatan yang memadai.
  6. Monitoring situasi kesehatan dunia

    WHO berperan memonitor dan menganalisis tren kesehatan di dunia termasuk potensi wabah penyakit | Source: medicalimagingtalk.com
    WHO berperan memonitor dan menganalisis tren kesehatan di dunia termasuk potensi wabah penyakit | Source: medicalimagingtalk.com
    Sebagai lembaga yang berada di dalam naungan United Nations, sudah tentu menjadi peran WHO untuk memonitor situasi kesehatan dunia. Program public health surveillance merupakan upaya berkelanjutan dan sistematis dari WHO untuk dapat menganalisis dan menginterpretasi tren-tren kesehatan termasuk potensi wabah penyakit yang dapat menyebar. Dengan demikian, langkah preventif dapat diambil guna mencegah penyebaran wabah-wabah penyakit yang baru ataupun menganalisis kebutuhan-kebutuhan akan kesehatan di suatu negara/wilayah. Di peringatan Hari Kesehatan Internasional ini mari kita sama-sama menerapkan pola hidup sehat. Apabila kita sehat, akan lebih mudah dan bersemangat menebar inspirasi di sekitar kita 🙂 Semoga dapat menambah wawasan kalian ya, Inspirator!

  Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Agung Tyanto Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspirator_freak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY