Kota Cerdas
Sumber : charlie-henson.deviantart.com

Hai Inspirator! Kali ini tim IF akan mengenalkan 5 Kota Cerdas di Indonesia tahun 2015 berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Harian Kompas dan Perusahaan Gas Negara (PGN) bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). Apa itu Kota Cerdas? Mengutip dari Kompas, istilah kota cerdas merujuk pada kota yang memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan performance-nya, mengurangi biaya, dan pemakaian konsumsi, serta lebih terlibat aktif dan efektif dengan warganya. Faktornya apa aja? Ada tiga faktor, yaitu cerdas ekonomi, cerdas sosial, dan cerdas lingkungan. Apakah tempat tinggalmu menjadi salah satu kota cerdas? Yuk disimak!

1. Surabaya

Perpustakaan Keliling Kota Surabaya
Sumber : barpussby.wordpress.com
Selain menjadi juara 1 sebagai kota cerdas kategori kota berpenduduk di atas 1 juta jiwa, kota Pahlawan ini juga memperoleh penghargaan sebagai Kota Cerdas Terbaik 2015 dan Kota Cerdas Kategori Lingkungan. Surabaya kini tengah membangun 1.000 perpustakaan dan 100 lebih lapangan olahraga untuk masyarakat.

2. Tangerang

Tangerang Smart City
Sumber : www.tangerangsatu.com
Kota yang telah 2 kali mendapatkan penghargaan Adipura Kencana ini tengah berencana mengembangkan diri menjadi e-city dimana akan memiliki call center dan public information system sendiri.

3. Bandung

Bandung Command Center
Sumber : it.avatar-nusantara.com
Kota yang terkenal dengan kreativitas dan inovasinya ini tengah menyiapkan sekitar 300 aplikasi terkait Bandung, salah satu yang telah berhasil diluncurkan, yaitu aplikasi panic button. Aplikasi ini untuk mempermudah warga mencari bantuan tenaga kesehatan atau keamanan. Selain itu, Bandung juga memiliki Bandung Command Center yang canggih dan modern loh!

4. Depok

Smart Space Depok
Sumber : www.depok.go.id
Depok memiliki visi baru sebagai kota cerdas dan komunikatif, serta belum lama ini juga baru meluncurkan smart space, yaitu ruangan yang diperuntukkan bagi seluruh komunitas yang ada di kota Depok sebagai sarana berkumpul dan bertukar informasi.

5. Semarang

PIN Semar (Pusat Informasi Semarang)
Sumber : www.seputarsemarang.com
Ibukota Jawa Tengah ini memiliki sebuah inovasi terbaru terkait akses informasi publik yang dinamakan PIN Semar (Pusat Informasi Semarang). Fasilitas ini memiliki fungsi utama sebagai Pusat Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (P3M).   Selain 5 kota besar di atas, penghargaan Kota Cerdas 2015 juga diberikan kepada Kategori Kota Berpenduduk 200.000 Hingga 1 Juta Jiwa (Yogyakarta, Balikpapan, Surakarta, Pontianak dan Malang) dan Kategori Kota Berpenduduk Hingga 200.000 Jiwa (Magelang, Madiun, Bontang, Mojokerto, Salatiga). Dikutip dari laman kompas.com, Komara Djaya, Ketua Program Studi Kajian Pengembangan Perkotaan UI, mengatakan bahwa hanya 4% tanah dunia untuk kota tetapi kota hasilkan 80% GDP dunia. Ini merupakan tantangan besar yang harus dikelola dengan perencanaan matang oleh pemerintah kota dengan melibatkan peran aktif masyarakat. Semoga penghargaan ini dapat memicu kota-kota lain di Indonesia untuk lebih meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup penduduknya sehingga masyarakat yang tinggal didalamnya bisa hidup lebih bahagia.  

Inspirator Freak

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Nindya Kharisma Cahyaningtyas Editor : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous articleUNTIRTA TV present Banten Short Movie Festival 2016
Next articleMembangun Semangat Nasionalisme Melalui Film

LEAVE A REPLY