Kenali Gejala Stroke Ringan Dengan Metode FAST

Photo: google.com

Penyakit stroke menjadi momok yang tidak hanya menyerang orang lanjut usia. Anak muda pun rentan terserang stroke karena mengadopsi pola hidup kurang sehat.

Penyakit stroke timbul karena kurangnya suplai darah ke otak, yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah. Jika kondisi ini terjadi, sel-sel otak yang tidak mendapatkan suplai darah akan mati dan menimbulkan beberapa gejala. Pada umumnya, gejala stroke dapat terlihat dari perubahan sensorik dan motorik. Penderitanya dapat mengalami kelumpuhan di anggota tubuh tertentu sehingga sulit untuk digerakkan.

Kelemahan atau kelumpuhan di daerah tertentu jangan pernah dianggap sepele, karena itu bisa jadi gejala stroke ringan. Kalau kamu atau anggota keluargamu sudah menunjukkan gejala-gejala berikut ini, segera ambil tindakan untuk membawanya ke rumah sakit.

Asosiasi Stroke Amerika (ASA) menciptakan metode untuk mengenal gejala stroke ringan dan menjadikannya sebuah aplikasi ponsel yang dinamakan FAST. Akronim FAST dibuat untuk memudahkan orang lain dalam mengenal dan mendeteksi gejala stroke dengan cepat. Nah, coba ingat-ingat FAST untuk mendeteksi gejala stroke ringan berikut ini.

F: Face Drooping (wajah melendut)

Gejala stroke ringan pertama yang bisa kamu deteksi adalah wajah dengan senyuman miring atau tidak simetris. Hal ini terjadi karena satu bagian wajah melendut yang disertai mati rasa, sehingga senyumnya tampak tidak simetris. Kalau hal ini terlihat, segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

A: Arm Weakness (kelumpuhan pada tangan)

Photo: google.com

Stroke dapat menyerang secara tiba-tiba. Umumnya menyerang salah satu bagian tubuh–paling sering tangan. Kalau kamu atau orang lain mengalami gejala tangan mendadak sulit untuk diangkat dan digerakkan, bisa jadi ini gejala stroke ringan. Kelumpuhan pada tangan ini juga disertai mati rasa.

S: Speech Difficulty (kesulitan berbicara)

Photo: google.com

Gejala selanjutnya adalah kesulitan berbicara. Ucapan penderita terdengar tidak jelas sehingga membuat orang lain bingung atau tidak mengerti. Kalau muncul gejala ini, coba latih dengan mengulangi satu kalimat yang mudah untuk diucapkan. Jika tetap mengalami kesulitan berbicara, harus segera dibawa ke rumah sakit.

T: Time to call (hubungi rumah sakit)

Photo: google.com

Kalau gejala-gejala di atas kelihatan, segera hubungi rumah sakit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Memang, gejala tersebut mungkin hanya terjadi beberapa menit dan akan pulih dengan sendirinya. Tetapi, gejala seperti ini akan berulang tanpa ada aba-aba. Jadi, tindakan medis tetap diperlukan untuk mengantisipasi stroke ringan ini.

Stroke adalah masalah kesehatan serius yang harus dicegah dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Selain itu, kamu juga harus menerapkan gaya hidup sehat, seperti rutin berolahraga, tidur cukup, dan mengonsumsi makanan bergizi. Semoga kamu semakin peduli dengan kesehatan tubuhmu ya, Inspirator, karena tubuh yang sehat merupakan investasi yang harus kamu jaga dengan baik.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here