Kemeriahan 4 Festival di Thailand yang Memikat Turis Asing

Festival Thailand
Ilustrasi

Hai Inspirator! Salah satu cara untuk menarik turis asing berkunjung ke sebuah negara nggak hanya dari tempat wisatanya aja lho, bisa juga dengan festival yang ada di kota atau negara tersebut. Sama halnya nih dengan Thailand yang memiliki perayaan festival yang unik. Apa aja sih?

1. Festival Loy Krathong

Festival Loy Krathong Thailand
Mengapungkan Krathong ke sekitar | Sumber: mindysayers.com
Festival Loy Krathong sebagai pemujaan kepada Phra Mae Khongkha, sang Dewi Air, yang telah memberikan kelimpahan air. Di Thailand, tingkat ketergantungan pada bidang pertanian sangat tinggi, sehingga memiliki keterikatan dengan ketersediaan air. Karena inilah, Loy Krathong menjadi perayaan yang penting di Thailand. Di sekeliling sumber air besar di seluruh penjuru negeri, banyak penjual yang menawarkan perahu bulat yang disebut Krathong. Dari ukuran yang kecil, sederhana, hingga ukuran yang besar dengan berbagai hiasan. Setelah memilih Krathong, para peserta menuju ke air, berdoa, dan mengapungkan Krathong mereka. Tidak hanya melepas Krathong, bahkan beberapa orang meletakkan potongan kuku atau helai rambut sebagai simbol awal yang baru. Eits, nggak cuma melepas Krathong aja lho. Ribuan lentera yang di dalamnya terdapat lilin, siap diterbangkan sehingga menjadi pemandangan yang indah.

2. Bo Sang Umbrella Festival

Kemeriahan festival payung Thailand
Pertunjukan musik di Bo Sang Umbrella Festival | Sumber: preview.123.rf.com
Festival seni yang sudah berumur 33 tahun ini, merupakan festival yang diselenggarakan di Desa Bo Sang, Provinsi Chiang Mai. Festival payung ini sebagai perayaan seni tradisional seperti lukisan, bunga, pembuatan payung kertas yang di cat dengan berbagai motif, dan kerajinan lainnya. Desa Bo Sang telah menjadi rumah bagi para seniman dan pengrajin di Thailand. Di festival ini tidak hanya dimeriahkan oleh seniman asal Thailand saja, melainkan dari internasional, salah satunya Indonesia. Perayaan yang diselenggarakan bulan Januari ini diadakan oleh Chiang Mai Cultural Center.

3. Phuket Vegetarian Festival

Festival Vegetarian Thailand
Perayaan Phuket Vegetarian Festival | Sumber: dawninphuket.blogspot.com
Festival yang dilaksanakan bulan Oktober ini, warga Thailand melakukan diet vegetarian selama sepuluh hari dengan cara menahan diri untuk makan daging, minum alkohol, terlibat perilaku seks, bertengkar, dan berbohong atau membunuh. Yang paling menarik dari festival ini adalah upacara yang dilakukan untuk memanggil para dewa dengan cara tindik badan, menusuk pipi dengan pisau, pedang, dan alat rumah tangga lainnya. Ini diyakini bahwa dewa-dewa Cina akan melindungi orang tersebut dari bahaya.

4. Festival Air Songkran

Festival Songkran Thailand
Binatang seperti gajah dilibatkan dalam Festival Songkran | Sumber: holidaysgenius.com
Ini nih festival yang paling terkenal di Thailand, yaitu Songkran yang diambil dari bahasa Sansekerta dengan makna awal tahun surya baru. Warga Thailand akan saling menyiram dengan air yang dituangkan dalam ember, pistol air, kaleng, bahkan menggunakan belalai gajah untuk menyemprot masyarakat yang mengikuti Songkran. Tidak hanya air saja, mengoleskan bedak ke wajah pun salah satu cara untuk menikmatinya. Festival Songkran tidak hanya diikuti oleh warga Thailand saja, turis dari berbagai macam negara pun turut serta dalam perayaan yang dilaksanakan bulan April ini. Bila Inspirator berniat mengikuti Songkran, pastikan Inspirator tidak membawa handphone atau barang penting lainnya. Karena Inspirator akan basah karena bermain air dengan banyak penduduk. Nah Inspirator, bagaimana dengan perayaan di sekitarmu? Sudahkah kamu mengenal budayamu?   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Yuanita Nur Widianti Editor   : Siti Ayu Handayani Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here