Kartin1, Kartu Multiidentitas yang Bisa Jadi NPWP, KTP, hingga SIM

kartin1
Prototype Kartin1 (Foto: Kompas.com)

Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak resmi meluncurkan platform Kartin1. Platform Kartin1 merupakan sarana untuk mengintegrasikan identitas-identitas dari kartu-kartu yang selama ini digunakan masyarakat. Pada peluncuran awal ini, Ditjen Pajak menggandeng BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam peluncurannya, Ditjen Pajak mendemostrasikan prototype Kartin1 dalam produk kartu BPJS. Selain itu, juga didemostrasikan aktivasi platform Kartin1 yang dilengkapi dengan fitur keamanan digital certificate. Pengguna terlebih dahulu harus melakukan validasi data biometrik dari data Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), pemasukan informasi perpajakan ke dalam produk kartu perbankan.

Dilansir dari CNN Indonesia, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan terciptanya platform Kartin1 merupakan upaya untuk menciptakan kartu multifungsi yang bisa menyatukan identitas pribadi wajib pajak dari berbagai afiliasinya.

“Dengan diluncurkannya platform Kartin1, perpajakan di Indonesia mulai memasuki era baru pasca amnesti pajak. Hal itu ibarat judul buku karangan Kartini yang paling terkenal ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’.” ujarnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Pajak Ken Dwijugiasteadi menuturkan, platform Kartin1 bukanlah merupakan barang baru bagi otoritas pajak di dunia. Kartu serupa telah diadopsi oleh pemerintah Malaysia dengan mengusung nama ‘MyKad’.

Ke depan, Kartin1 diarahkan untuk menyempurnakan kartu NPWP wajib pajak. Namun lingkup penerapan platform Kartin1 ke jenis kartu ataupun identitas tertentu masih menunggu infrastruktur legal yang berlaku.

Untuk itu, Kemenkeu akan melakukan koordinasi dengan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan instansi pemerintah lain yang berminat untuk bersama-sama melakukan kajian terkait integrasi data identitas baik perbankan maupun non-perbankan, seperti data kependudukan, NPWP, nomor keanggotaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here