Kamu Pengidap Fobia Ketinggian? Itu Belum Seberapa, Ini 8 Fobia Ganjil yang Tidak Kamu Duga Ternyata Ada

Wikipedia Indonesia mendefinisikan fobia sebagai, “Fobia (gangguan anxietas fobik) adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Fobia bisa dikatakan dapat menghambat kehidupan orang yang mengidapnya. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti.”

Beberapa fobia yang umum kita temui pada orang-orang di sekitar kita misalnya fobia, ketinggian, fobia laba-laba, fobia anjing, fobia bulu ayam. Tahukah kamu, Inspirator, ada jenis fobia yang tidak lazim? InspiratorFreak merangkum 8 fobia paling ganjil yang tidak kamu duga ternyata ada.

Nomophobia

Photo credit: Giphy

Bagi penderita nomophobia, telepon adalah “penjara”. Nomophobia adalah rasa takut pergi ke mana-mana tanpa membawa telepon seluler. Pengidap fobia ini memiliki kecenderungan meningkat setiap tahun seiring semakin banyak manusia modern kecanduan ponsel.

Somniphobia

Photo credit: Giphy

Pengidap somniphobia akan terjaga sepanjang malam karena dia takut tidur. Ini bisa timbul antara lain karena trauma pernah terjadi sesuatu yang mengerikan ketika dia tidur, atau karena selalu bermimpi buruk setiap kali tidur.

Kakorrhaphiaphobia

Photo credit: Giphy

Kamu benci kalah? Berarti kamu mengidap kakorrhaphiaphobia–ketakutan menghadapi kegagalan. Waduh, istilahnya saja bikin orang takut gagal menghafalnya.

Hippopoto-monstro-sesquippedaliophobia

Photo credit: Giphy

Sebagai tambahan bukti bahwa ahli bahasa bisa sangat menyebalkan, kata sangat panjang yang sulit diingat dan diucapkan ini merujuk pada ketakutan seseorang pada kata yang sangat panjang. Jika kamu mengidap ketakutan ini, jauh-jauh dari ilmu kimia, ya.

Metrophobia

Photo credit: Giphy

Pengidap metrophobia menyimpan ketakutan pada puisi. Puisi cintanya jangan-jangan seperti ini:

Aku takut jatuh cinta padamu
Aku takut menyapamu
Aku takut membelikan bunga untukmu
Aku takut mengukir namamu di hatiku

Wah, ini sama saja berharap ditolak, ya kan, Inspirator?

Phobophobia

Photo credit: Giphy

Apakah kamu takut pada rasa takut? Apakah kecemasan membuat kamu cemas? Jika ya, kamu mungkin mengidap phobophobia, takut pada rasa takut itu sendiri. Segera usahakan untuk mendapatkan terapi profesional, atau agendakan liburan ke tempat yang membuatmu hanya bisa merasakan kebahagiaan.

Genuphobia

Photo credit: Giphy

Sulit menduga apa penyebabnya, tapi pengidap fobia ini takut melihat… lutut. Jika melihat lutut tersingkap, orang ini buru-buru ingin menutupinya. Sulit membayangkan bagaimana kerasnya dia berjuang untuk tidak menatap lututnya sendiri.

Xanthophobia

Photo credit: Giphy

Pengidap xanthophobia takut pada semua yang berwarna kuning–jeruk, pisang, bunga matahari, Pokemon, dan lain-lain.

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang menderita fobia tertentu; secara umum, ini karena trauma fisik maupun psikis yang meninggalkan bekas mendalam. Apa pun bentuk ketakutanmu saat ini, tidak perlu malu mengakuinya, karena berani mengakui kelemahanmu sebenarnya justru adalah kekuatan.

Jangan takut jatuh cinta pada kehidupan. And love yourself more.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here