Kamu Mulai Flu? Coba Usir Dengan Makanan dan Minuman Ini!

Photo: shutterstock

Di tengah cuaca tidak menentu, tubuh kita akan rentan terkena flu. Apalagi kalau ditambah padatnya aktivitas dan kondisi imun melemah. Nah, jika kamu terserang flu, jangan buru-buru minum obat antibiotik yang mengandung bahan-bahan kimia ya, Inspirator. Mengonsumsi obat berbahan kimia terlalu sering dapat memicu kerusakan ginjal. Lebih baik, konsumsi obat-obatan berbahan alami yang aman dan ampuh untuk menjaga kesehatan.

Berikut ini InspiratorFreak merangkum makanan dan minuman untuk menyembuhkan flu secara alami. Yuk, simak!

1. Teh herbal

Photo: Vebma.com

Teh herbal hangat bisa meredakan gangguan hidung tersumbat. Nah, supaya flu kamu cepat reda, teh hangatmu bisa dicampur dengan kayu manis, jeruk nipis, atau cengkeh supaya rasanya lebih nikmat.

2. Minuman jahe

Photo: nakita.grid.id

Kalau gejala flu mulai terasa, segera buat air jahe yang dapat mengencerkan lendir penyebab hidung tersumbat. Selain itu, air jahe juga bisa memberikan kesegaran pada tubuh sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Sup hangat

Photo: nulis.co.id

Flu menyebabkan tubuh menjadi lemas. Nah, untuk mengembalikan energi tubuh, konsumsi sup hangat untuk memberikan asupan energi yang baik untuk tubuh. Kamu bisa tambahkan daging ayam dan sayur-sayuran supaya rasanya lebih nikmat.

4. Pisang

Photo: sehatnesia.com

Saat terserang flu, mungkin kamu merasa mual dan lemas sehingga untuk makan pun malas. Padahal, kamu tetap butuh tenaga untuk beraktivitas. Nah, pisang bisa membantu memulihkan tenaga dengan cepat karena punya kandungan vitamin B6 yang mampu mengusir virus influenza.

5. Jeruk

Photo: sehatfresh.com

Jeruk punya kandungan vitamin C tinggi sehingga sering dijadikan bahan pembuatan suplemen. Nah, nutrisi di dalam jeruk dapat membantu memperbaiki daya tahan tubuh.

6. Daun sambiloto

Photo: hellosehat.com

Daun dari tanaman sambiloto dapat diracik menjadi obat untuk menyembuhkan flu secara alami, lho. Ini karena daun simboloto mengandung zat andrografolida yang merangsang sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai serangan penyakit. Kamu bisa membeli olahan obat herbal daun sambiloto di apotek atau toko herbal, tapi pastikan membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM, ya.

7. Madu

Photo: hellosehat.com

Madu punya kandungan antioksidan tinggi yang bisa memerangi virus, jamur, dan bakteri pada tubuh. Kamu bisa meminumnya langsung atau mencampurnya dengan air teh atau air hangat.

Mengonsumsi obat-obatan herbal di atas mungkin tidak bisa mengusir flu secara cepat seperti penggunaan obat berbahan kimia. Tetapi, mengonsumsi bahan-bahan alami lebih aman untuk kesehatan tubuh. Jadi, kalau gejala flu mulai menyerang, segera siapkan makanan dan minuman untuk menyembuhkan flu ini ya, Inspirator. Jaga selalu kesehatanmu karena sakit itu mahal.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here