Kampanyekan Kebhinekaan, #BedaUntukSatu Siapkan 100 Meme Tentang Persatuan

Bhineka

Membagikan konten lewat fitur “share” telah menjadi kebiasaan tersendiri bagi pengguna media sosial. Sayangnya, masih banyak yang melakukan “sharing” tanpa saring. Mereka membagikan informasi tanpa melakukan verifikasi untuk memastikan kebenarannya. Tak heran bila berbagai konten bernada provokasi yang mengundang emosi kerap berseliweran di lini masa media sosial. Hal ini tak jarang menimbulkan perdebatan yang berakhir menjadi permusuhan bila terjadi perbedaan pendapat.

Menyadari hal tersebut, Growinc Group Indonesia sebagai agency periklanan lokal yang sedang berkembang membuat kampanye untuk membangkitkan semangat kebhinekaan. “Media sosial menjadi kanal favorit menyebarkan informasi bersifat provokatif ataupun berita bohong. Konten negatif tersebut membuat media sosial jadi ladang saling menghujat dan menjatuhkan pihak yang berbeda pendapat dengan mereka. Oleh karena itu kami berinisiatif untuk mengembalikan lini masa media sosial menjadi seru lagi dengan kampanye #BedaUntukSatu,” ucap Ruli Himawan Nugroho, Managing Director Growmint Digital Agency, sebuah digital agency di bawah naungan Growinc Group Indonesia.

Meme

Lebih lanjut, kampanye #BedaUntukSatu tidak hanya dimaksudkan untuk mengembalikan keseruan lini masa media sosial tetapi juga membangkitkan semangat kebhinekaan. Kampanye yang diluncurkan pada 10 Mei 2017 ini mengajak pengguna internet untuk lebih bijak menanggapi perbedaan pendapat lewat cara yang seru, yaitu dengan membuat meme.

“Lewat video kampanye dan microsite #BedaUntukSatu, kami ingin ikut serta membawa pesan dengan cara yang sederhana bahwa perbedaan tidak perlu berarti permusuhan dan persatuan di tengah keberagaman itu bisa,” tambah Ruli.

Mekanisme Meme #BedaUntukSatu

Meme

Untuk membuat lini masa media sosial kembali seru dan damai dengan perbedaan pendapat yang ada, Growinc Group Indonesia meluncurkan microsite #BedaUntukSatu (http://bedauntuksatu.com/). Melalui microsite ini para pengguna internet dapat membuat meme untuk menyebarkan pesan damai yang dapat dibagikan ke halaman media sosial mereka seperti Facebook, Twitter, Instagram, Path, ataupun WhatsApp.

Caranya sangat mudah, cukup login dengan akun Facebook atau mendaftar manual dengan memasukan alamat email para pengguna internet sudah bisa bergabung untuk menyampaikan pesan damai di media sosial. Setelah itu pengguna akan langsung masuk ke halaman untuk membuat meme. Pengguna tinggal mengunggah foto yang ingin ia gunakan sebagai meme, kemudian memilih template pesan yang sudah disediakan. Selain itu, meme bisa menggunakan foto profil ataupun cover akun Facebook.

Meme yang telah dibuat bisa langsung dibagikan ke halaman Facebook.  Bila ingin membagikan ke akun media sosial lainnya, pengguna bisa mendowload meme yang telah mereka buat dan membagikannya secara manual di media sosial yang dituju. Video klik ini

Keep Breathing, Keep Inspiring!

@Inspiratorfreak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here