Kampanye Save Your Sweetheart, Staying Alive Sosialisasi Penanganan Henti Jantung

Henti jantung atau dikenal sebagai henti sirkulasi, merupakan keadaan terhentinya sirkulasi normal dari darah akibat kegagalan jantung dalam berkontraksi secara efektif.

Dalam dunia medis, kondisi ini harus cepat ditangani untuk menyelamatkan nyawa pasien. Namun minimnya pengetahuan tentang henti jantung, apalagi diluar rumah sakit, membuat kasus henti jantung terus meningkat.

Menanggapi hal ini, organisasi Staying Alive dan Center for Indonesian Medical Students’ Activities (CIMSA) menginisiasi gerakan ‘Save Your Sweetheart’. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat mengenai henti jantung.

Diselenggarakan di Area Car Free Day, Sudirman, Jakarta Pusat (12/02), kampanye dimulai dari pukul 7 hingga pukul 11 siang. Serangkaian acara seperti edukasi mengenai henti jantung serta gaya hidup sehat, pelatihan resusitasi jantung paru (CPR) atau pertolongan pertama pada henti jantung dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Staying Alive
Pengobatan gratis (Foto: Staying Alive)
Staying Alive
Edukasi henti jantung (Foto: Staying Alive)

Acara ini dihadiri oleh relawan-relawan Staying Alive yang sudah mendaftarkan diri di indorelawan.org serta masyarakat yang sedang berolahraga di kawasan Car Free Day. “Save Your Sweetheart” sendiri didukung oleh campaign.com dan indorelawan.

Lebih dari 100 orang warga Jakarta memenuhi booth dengan tenda hijau dari Staying Alive dan CIMSA ini. Mulai dari kalangan anak muda hingga dewasa antusias untuk mempelajari cara resusitasi jantung paru dan sangat bersemangat untuk diedukasi maupun diberikan pengecekan kesehatan gratis.

“Senang sekali akhirnya acara pertama Staying Alive untuk masyarakat luas bisa terlaksana. Meskipun masih banyak kekurangan, tapi senang melihat antusiasme peserta yang datang. Semoga “Save Your Sweetheart” ini bisa dijadikan pembelajaran sehingga acara – acara Staying Alive selanjutnya bisa lebih baik.”, kata Jonathan Grantomo, penggagas dari acara “Save Your Sweetheart”.

Acara ini diharapkan dapat menjadi sarana masyarakat untuk memberikan perhatian lebih bahwa bantuan hidup dasar dapat dilakukan oleh siapa saja. 

Untuk Inspirator yang ingin info lebih lanjut mengenai organisasi dan kampanye Staying Alive bisa mengakses:
Line Account : @stayingalive
Instagram : @stayingaliveofficial
Campaign.com/stayingalive
indorelawan.org

Keep Breathing , Keep Inspiring 

Inspirator Freak 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here