Pernah gak sih kamu ngebayangin kalo masuk ke ruangan bikin kamu pusing? Dan kira-kira ada gak ya ruangan kayak gitu? Kepo kan? Nah ternyata ada tuh seorang seniman dari Wina, Austria namanya Peter Kogler yang sukses menciptakan ruangan ilusi optik yang menakjubkan sekaligus bisa membuat orang yang masuk ke dalamnya jadi pusing. Karya seni ini disebut psychedelic, yang diinstalasikan Peter di ING Art Center di Brussels, Belgia.

 Psychedelic itu apa sih?

Arti psychedelic secara keseluruhan adalah sebuah hal/sifat yang berkaitan tentang mewujudkan pola-pikir, menerjemahkan jiwa. Psychedelic ialah kemampuan kita mem-visualisasi-kan apa yang ada di pikiran menjadi vision (penglihatan), yang akan terasa sangat nyata (efek halusinasi). Aliran seni yang nge-trend pada periode ’60an sampai akhir ’75an. Aliran ini dipelopori oleh anak-anak muda yang menganut gaya hidup hippies, yaitu sebuah gaya hidup bebas yang keras menantang keteraturan budaya, radikal, dan membenci pemerintahan (akibat perang yang terus-menerus terjadi pada masa itu).

Dengan bermodalkan bahan cat dan proyeksi, Peter berhasil membuat galeri sederhana, lobi, dan ruangan lainnya yang tampak terdistorsi, melengkung dan memutar. Walaupun bermodalkan bahan yang sederhana, tapi bisa menghasilkan karya yang menakjubkan dan dapat menciptakan ilusi optic yang bisa membuat orang yang memasuki ruangan ini menjadi pusing. Penasaran gimana karya Peter Kogler tersebut? Yuk kita lihat!

Photo Credit: Boredpanda/Peter Kogler
Photo Credit: Boredpanda/Peter Kogler
Photo Credit: Boredpanda/Peter Kogler
Photo Credit: Boredpanda/Peter Kogler
Photo Credit: Boredpanda/Peter Kogler
Photo Credit: Boredpanda/Peter Kogler

Keep Breathing, Keep Inspiring

Inspirator Freak 

LEAVE A REPLY