Mahasiswa PTS Pasti Sering Dengar Stereotip Ini!

Ujian SBMPTN menjadi tes paling mendebarkan bagi kamu yang ingin berkuliah di universitas negeri. Selain belajar dengan tekun, berdoa juga dianjurkan untuk mendampingi usahamu supaya lolos tes SBMPTN.

Meskipun tes SBMPTN sudah berakhir, masih saja ada perdebatan mengenai mana yang lebih baik antara berkuliah di PTS dan PTN. Sebenarnya, berkuliah di PTS maupun PTN sama saja, tergantung bagaimana kamu menjalani masa pendidikanmu. Sayangnya, beberapa stereotip tentang berkuliah di PTS masih dianggap benar oleh banyak orang, antara lain:

1. Mahasiswa yang berkuliah di PTS orang bodoh

Kuliah di PTS atau PTN
Photo: Pixabay

Duh, sakit hati ya, Inspirator, kalau ada yang berkata seperti itu. Kalau sifat dasarmu malas belajar, kamu tetap bodoh meskipun kamu berkuliah di PTN ternama. Universitas tidak bisa menentukan kamu jadi orang bodoh atau pintar, yang menentukan kamu sendiri.

2. Mahasiswa PTS sering dianggap orang kaya

Kuliah di PTS atau PTN
Photo: Pixabay

Inspirator, kalau ada yang “menuduh” seperti ini aminkan saja dalam hati–anggap orang mendoakan hal baik untukmu. Kenyataannya, banyak mahasiswa PTS juga sering makan mi instan setiap tanggal tua, sering pakai kode promo kalau naik ojol (ojek online). Namanya mahasiswa, harus menghemat sebisanya, tidak terkecuali mahasiswa PTS.

3. Mahasiswa lulusan PTS sulit dapat pekerjaan

Kuliah di PTS atau PTN
Photo: Pixabay

Buang jauh-jauh pemikiran seperti ini. Nggak ada kepastian yang menyatakan jika berkuliah di PTN pasti mudah mendapatkan pekerjaan, sedangkan berkuliah di PTS sulit. Perusahaan akan lebih memilih kamu jika melihat pengalaman dan keahlianmu memenuhi kebutuhan mereka, walaupun kamu lulusan PTS.

4. Mahasiswa terbuang

Kuliah PTS dan PTN
Photo: Pixabay

Katanya mahasiswa PTS itu mahasiswa terbuang. Stereotip ini muncul karena mereka tidak bisa masuk PTN dan akhirnya “terpaksa” berkuliah di PTS. FYI, Inspirator, nggak semua yang berkuliah di PTS itu awalnya ikut SBMPTN dulu. Ada juga mahasiswa PTS yang langsung mendaftar di universitas swasta. Jadi, nggak benar mahasiswa PTS itu mahasiswa terbuang.

Inspirator, berkuliah di universitas swasta atau negeri pada prinsipnya sama saja, tergantung kamu sendiri apakah bisa menjaga amanah yang diberikan orangtuamu atau tidak. Meskipun kamu berkuliah di universitas swasta, jika mampu menjaga amanah, kamu pasti sukses kelak.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here