Kalahkan Singapura, Air Mancur Sri Baduga Menjadi Yang Terbesar Di Asia Tenggara

Kalahkan Singapura, Air Mancur Sri Baduga Menjadi Yang Terbesar Di Asia Tenggara
Foto: Suaraekonomi.com

Jika sebelumnya rekor air mancur terbesar di Asia Tenggara dipegang oleh Time of Wings, Singapura, sekarang tidak lagi. Pasalnya Indonesia kini memiliki air mancur terbesar se-Asia Tenggara, letaknya di Taman Air Sri Baduga, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Air mancur yang kini menjadi ikon baru pariwisata Indonesia ini diresmikan pada 6 Januari 2017 oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, bersama Bupati Purwakarta, Dedi Mulaydi. Air mancur Sri Baduga merupakan bagian dari pengembangan daerah wisata Situ Buleud yang konstruksinya dimulai sejak 2013.

Patung Sri Baduga, (Foto: Jabar.tribunnews.com)
Patung Sri Baduga (Foto: Jabar.tribunnews.com)
Air mancur Sri Baduga saat malam hari. (Foto: NamNamStory.blogspot.id)
Air mancur Sri Baduga saat malam hari. (Foto: NamNamStory.blogspot.id)

Keindahan Taman Air Sri Baduga ditandai dengan ribuan air mancur yang mengelilingi patung Prabu Kian Santang, Putra Prabu Siliwangi, juga dikenal sebagai Sri Baduga, maharaja paling terkenal yang pernah memerintah Kerajaan Padjajaran kuno. Patung Prabu Kian Santang digambarkan duduk bersila di atas bunga lotus raksasa.

Air mancur setinggi  6 meter ini dibangun ditengah Danau situ Buleud yang ikonik. Untuk menyaksikan kemegahan air mancur Sri Baduga, Inspirator bisa berkunjung pada hari Sabtu dan Minggu mulai 19.30-22.00. Atraksi diadakan tiga kali dengan durasi 25 menit pada setiap atraksi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here