Jika Terjadi Gempa di 5 Kondisi Ini, Segera Lakukan 5 Hal Berikut

Photo: kompas.com/Ahmad Nitari Darwis

Baru-baru ini, gempa berkekuatan 7,0 SR mengguncang wilayah Lombok Timur–Nusa Tenggara Barat. Gempa susulan yang hanya berselang sepekan dari gempa pertama ternyata memiliki kekuatan yang lebih besar. Tentunya, fenomena gempa bumi bukan sesuatu yang mudah untuk dideteksi. Tetapi, jika terjadi gempa di 5 kondisi ini, segera terapkan hal-hal berikut ya, Inspirator.

1. Di dalam rumah

Apabila saat terjadi gempa kita sedang berada di dalam rumah, segera berlindung di bawah meja, kasur, dan sebagainya supaya tubuh tidak terkena benda yang berjatuhan. Selalu ingat untuk melindungi kepala menggunakan kedua tangan, bantal, helm, atau benda aman lainnya.

2. Di luar rumah

Kalau gempa terjadi saat kita sedang berada di luar rumah, segera menjauh dari bangunan atau tiang yang berpotensi untuk rubuh. Lari ke tempat lapang hingga guncangan sudah menghilang. Jangan lupa untuk lindungi kepala dengan tangan.

3. Di dalam kendaraan

Gempa memang bisa terjadi kapan saja, termasuk saat kita berada di dalam kendaraan. Jika kita sedang berada di kondisi itu, langsung hentikan kendaraan dan berpegangan dengan erat. Setelah keadaan cukup aman, segera ke luar dari kendaraan dan berlari ke tempat yang lapang karena khawatir ada gempa susulan.

4. Di pusat perbelanjaan

Saat sedang di pusat perbelanjaan dan terjadi gempa, jangan langsung panik. Ikuti arahan dari petugas penyelamat untuk ke luar dari gedung secara tertib dan hindari menggunakan lift. Gunakan tangga darurat dan segera cari tempat yang aman.

5. Di pantai atau gunung

Saat sedang asik berlibur ke pantai lalu tidak disangka terjadi gempa, jauhi permukaan pantai dan cari dataran yang lebih tinggi. Gempa di laut dapat menimbulkan tsunami.

Sedangkan apabila gempa terjadi saat kamu sedang berada di gunung, kamu harus mencari tempat yang lapang atau menjauhi diri dari lereng dan bukit. Gempa di pegunungan dapat menyebabkan longsor.

Intinya, saat bencana alam–gempa–ini terjadi, segera selamatkan diri–terutama bagian kepala–dan mencari tempat yang aman. Nah, itulah lima hal harus kamu lakukan saat terjadi gempa. Kita doakan juga semoga tidak ada lagi gempa susulan yang terjadi dan warga korban gempa di Lombok diberikan kekuatan.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here