Antisipasi 4 hal ini agar tidak jenuh di tempat kerja

Sumber: canberratimes.com.au

Inspirator pernah merasa jenuh di tempat kerja?

Rasa jenuh tentu pernah dialami tiap orang. Ini merupakan sesuatu yang wajar dan manusiawi. Meskipun wajar dan akan dialami oleh tiap orang, jangan sampai Inspirator mengabaikan rasa jenuh ini.

Ketika mulai jenuh di tempat kerja, Inspirator harus segera mencari tahu dulu apa penyebabnya. Biasanya, rasa jenuh merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan diri kita.

Berikut ini ada penyebab mengapa rasa jenuh bisa datang.

1. Keadaan kantor yang sama terus menerus

Sumber: life.idntimes.com

Pekerjaan, teman-teman, dan lingkungan pekerjaan yang sama bisa menjadi penyebab kejenuhan itu timbul. Inspirator perlu ambil jarak dengan pekerjaan yang sudah jadi rutinitas, misalnya dengan memanfaatkan waktu cuti atau libur dengan pergi ke tempat baru dan bersenang-senang. Atau, alihkan sejenak perhatian Inspirator pada hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan pekerjaan.

2. Tidak ada “kenaikan kelas”

Sumber: news.okezone.com

Inspirator tentu akan merasa jenuh mengerjakan soal-soal untuk anak SD padahal Inspirator sudah seharusnya duduk di bangku SMA? Hal ini terjadi apabila perusahaan tempat bekerja tidak kunjung memberikan tantangan baru dan tidak membuat Inspirator jadi ‘naik kelas’. Solusinya, Inspirator bisa berdiskusi dengan atasan untuk kemungkinan naik jabatan ini. Tapi, pastikan dulu pada atasan bahwa Inspirator memang sudah pantas untuk naik kelas!

3. Sudah tidak ada yang ingin dicapai

Sumber: Vebma.com

Biasanya hal ini terjadi karena apa yang dicita-citakan Inspirator sudah seluruhnya tercapai di tempat kerja. Kalau hal ini sedang dirasakan Inspirator, bisa-bisa Inspirator mulai merasa tak ada gairah hidup lagi. Segera luangkan waktu pada akhir minggu untuk merenungkan kembali apa yang sesungguhnya Inspirator cari dalam hidup. Buatlah mimpi-mimpi baru. Mimpi merupakan ‘nyawa’ untuk diri sendiri.

4. Tidak Menemukan Makna Pekerjaan

Sumber: blog.graduadoenade.com

Apabila Inspirator hanya diminta berdiam diri dan tetap digaji, apakah Inspirator mau? Atau, Inspirator dibayar mahal untuk mengambil air di ember dan menuangkannya ke ember lain terus-menerus selama berbulan-bulan? Sudah pasti Inspirator akan jenuh karena tidak bisa menemukan makna dari pekerjaan tersebut. Apakah pekerjaan yang sedang Inspirator jalani itu bermanfaat?  Kalau iya, apa manfaatnya? Dengan mengetahui maknanya, tentu Inspirator akan selalu bersemangat dan rasa jenuh akan pergi menjauh.

baca juga : tips membangun usia dari nol untuk anak muda

Nah, Inspirator sedang berada di kejenuhan nomor berapa? Jenuh memang hal yang wajar, namun perlu segera ditangani dengan baik. Dengan mengetahui 4 penyebab rasa jenuh di tempat kerja ini, Inspirator bisa segera mencari solusi dari kejenuhan tersebut, lho.

Keep Breathing, Keep Inspiring

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here