Jelajah Inspirasi ke Pedalaman Indonesia Bersama Nutrifood Leadership Award

Jelajah Inspirasi ke Pedalaman Indonesia Bersama Nutrifood Leadership Award
Ke-10 Inspiring leader Nutrifood (Sumber: Nutrifood)

Nutrifood Leadership Award merupakan salah satu inisiatif Nutrifood di bidang pendidikan untuk memberikan apresiasi bagi para mahasiswa Indonesia yang memiliki potensi dalam bidang kepemimpinan. 10 Awardees, mahasiswa-mahasiswi inspiratif hasil audisi dari 4 kota ini melakukan jelajah inspirasi ke pedalaman Indonesia.

Di tahun pelaksanaannya yang ke-11, Nutrifood Leadership Award kembali memfasilitasi pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa melalui kegiatan jelajah inspirasi ke  Desa Nelayan Tanjung Binga, Pulau Belitung atau suku Boti di Nusa Tenggara Timur.

Ke-10 Awardees terpilih ini dibagi menjadi dua kelompok besar, dimana masing-masing kelompok berkesempatan mengunjungi Desa Nelayan Tanjung Binga, Pulau Belitung dan suku Boti di Nusa Tenggara Timur, agar mereka dapat mempelajari kearifan lokal yang berkaitan dengan kepemimpinan, sekaligus melakukan kontribusi sosial.

Dian Mariani, Nutrifood Human Resources Manager mengatakan, “Nutrifood sebagai learning organization, percaya bahwa  pengembangan sumber daya manusia sangatlah penting. Sebuah organisasi yang manusianya terus belajar, akan menunjang terciptanya inovasi. Oleh karena itu, bidang pendidikan menjadi salah satu fokus utama kami.” ujarnya.

Tidak hanya peduli pada pengembangan SDM internal, lanjutnya, Nutrifood juga memfasilitasi pengembangan karakter kepemimpinan mahasiswa melalui Nutrifood Leadership Award. Program ini  adalah salah satu kontribusi Nutrifood di bidang pendidikan yang diharapkan dapat menginspirasi masyarakat bahwa Indonesia memiliki banyak calon pemimpin di masa yang akan datang.

Jelajah Inspirasi ke Pedalaman Indonesia Bersama Nutrifood Leadership Award
Kelompok 1 ketika berbagi pengalaman jelajah inspirasi (Foto: Dok. pribadi)

Dalam acara awarding, dua kelompok berbagi pengalaman jelajah inspirasinya. Kelompok 1 yang bertugas di Desa Nelayan Tanjung Binga, Pulau Belitung, mengenalkan konsep Eco-Tourism pada masyarakat, membuat ikon Tanjung Binga serta melakukan edukasi lingkungan kepada anak-anak melalui kartu kwartet.

Jelajah Inspirasi ke Pedalaman Indonesia Bersama Nutrifood Leadership Award
Kartu kwartet, media edukasi lingkungan karya kelompok 1 (foto: dok. pribadi)

Sementara itu, Kelompok 2 dalam jelajah inspirasinya ke Suku Boti, Nusa Tenggara Timur, mengenalkan 2 program yaitu Cahaya Untuk Boti dan Glowing Forest. Program Cahaya Untuk Boti bertujuan untuk membantu penerangan listrik dengan pemanfaatan solar panel. Sedangkan program Glowing Forest, ruang terbuka untuk para turis dapat berkumpul dan membuat api unggun.

Jelajah Inspirasi ke Pedalaman Indonesia Bersama Nutrifood Leadership Award
Kelompok 2 ketika berbagi pengalaman jelajah inspirasi (foto: dok. pribadi)

Ke-10 inspiring leader ini kemudian menerima apresiasi atas kontribusi yang telah mereka lakukan pada komunitasnya dengan kemampuan leadership mereka.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here