Jantung Berhenti Berdetak Saat Bersin–Mitos atau Fakta?

Photo: merdeka.com

Bersin adalah respons alami tubuh. Penyebabnya pun beragam, seperti masuknya benda asing ke saluran pernapasan akibat debu, bubuk cabai, serbuk sari, virus influenza, cahaya matahari, dan sebagainya. Ini mengakibatkan iritasi pada hidung sehingga hidung akan berusaha mengeluarkan benda asing tersebut melalui bersin.

Sebagian orang percaya jantung kita sempat berhenti berdetak ketika kita bersin–mitos atau fakta? Yuk, simak penjelasan ilmiah berikut ini.

Ada benda asing masuk

Sebelum kamu bersin, di bagian hidung akan terasa sensasi menggelitik–ini momen ketika benda asing masuk. Lalu, ujung saraf akan mengirimkan sinyal ke otak yang menandakan ada sesuatu yang menganggu jalannya pernapasan. Otak kemudian mengirimkan sinyal ke tubuh untuk segera mengeluarkannya. Selanjutnya, tubuh bereaksi dengan bersiap mengambil napas dalam-dalam dan hal itu menekan otot dada.

Detak jantung melambat

Ketika terjadi tekanan besar pada dada inilah yang akhirnya berpengaruh pada aliran darah. Secara otomatis, detak jantungmu pun sedikit melambat. Setelah selesai bersin, detak jantungmu akan kembali normal, bahkan cenderung lebih cepat daripada sebelumnya. Maka dari itu, banyak orang mengira bahwa saat bersin jantung kita berhenti sejenak.

Jantung berhenti berdetak saat bersin? Mitos!

Sudah tahu kan, Inspirator, jantung kamu tidak berhenti berdetak saat bersin. Hanya gerakannya sedikit melambat, dan setelah itu kembali normal. Bersin adalah proses alami tubuh untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke hidung. Kalau benda asing itu tidak dikeluarkan, justru berbahaya. Kamu bisa terkena penyakit saluran penapasan di kemudian hari.

Nggak mau seperti itu, kan?

Nah, meskipun bersin merupakan hal normal, tapi kalau kamu bersin terus-menerus tanpa henti, harus segera memeriksakan kondisimu ke dokter ya, Inspirator! Siapa tahu ada penyakit lain yang lebih serius. Tidak ada salahnya kan, kalau kamu mulai waspada dengan hal-hal seperti ini?

Di luar mitos dan fakta tentang bersin bisa membuat jantung manusia berhenti berdetak, ada penjelasan tentang faktor yang menyebabkan suara bersin orang berbeda-beda.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here