Jangan Sedih, Ini 7 Tips Menghadapi Bullying

Photo: addictionhope.com

Apakah Inspirator pernah mengalami bullying--perilaku menyakiti seseorang dengan kekerasan? Atau, ada orang terdekatmu pernah di-bully?

Entah kamu menjadi korban atau melihat kejadian bullying, perilaku kekerasan seperti itu pasti membuatmu sedih. Siapa pun tentu tidak ingin mengalami hal buruk. Nah, kalau kamu saat ini mengalami bullying atau melihat ada aksi bullying terjadi di sekitarmu, jangan diam saja. Brrikut ada tips menghadapi bullying yang bisa kamu lakukan:

1. Bicara baik-baik

Photo: GIPHY

Saat kamu melihat atau mengalami bullying, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mencoba bicara baik-baik dengan pelakunya. Katakan kalau perbuatannya termasuk perilaku bullying dan kamu tidak senang dengan tindakan si perundung. Biasanya, perundung sering tidak sadar kalau yang dia lakukan termasuk perundungan.

2. Punya pertahanan diri

Photo: GIPHY

Paham sedikit teknik bela diri akan sangat membantu saat kamu mengalami kekerasan secara fisik. Inspirator tidak perlu langsung membalas dengan serangan juga, tapi usahakan untuk mencoba melindungi diri dulu–entah dengan menahan pukulannya atau segera berlari ke tempat aman.

3. Anggap tidak ada

Photo: GIPHY

Tips ini berguna untuk kamu yang mengalami perundunganan secara verbal. Mungkin kamu akan menerima kata-kata kasar yang menyerang kekuranganmu. Cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menganggap orang itu tidak ada dan ucapannya bukan ditujukan untukmu. Dengan begitu, lambat-laun orang itu akan bosan karena ternyata ucapannya tidak memberikan efek apa pun padamu.

4. Hindari lingkungan rawan bully

Photo: GIPHY

Kamu perlu tahu lingkungan-lingkungan mana saja yang sering menjadi TKP bullying. Hal ini berguna supaya kamu bisa menghindari tempat-tempat itu.

5. Kenali si pelaku

Photo: GIPHY

Saat kamu di-bully atau melihat ada teman yang di-bully, kenali pelakunya. Kalau kamu tidak kenal pelakunya, setidaknya ingat baik-baik dia memakai pakaian seperti apa atau identitas apa. Hal ini berguna jika kamu ingin melaporkan kejadian itu pada pihak lain yang lebih penting.

6. Berani bercerita

Photo: GIPHY

Kamu mungkin takut untuk menceritakan kejadian bullying yang kamu alami pada orang lain. Tetapi, berani bercerita kr orang lain merupakan salah satu langkah menghadapi bullying. Menceritakan hal buruk yang kamu alami mungkin menyakitkan dan membuatmu sedih, tapi dengan bercerita kamu bisa meminta perlindungan. Kamu juga membuat orang lain lebih hati-hati supaya terhindar dari kejadian serupa. Secara tidak langsung, kamu menyelamatkan mereka juga.

7. Tidak perlu balas dendam

Photo: GIPHY

Mungkin kamu akan menyimpan dendam pada pelaku bullying karena tidak terima dengan perbuatan buruknya. Tetapi, perlu diingat, si perundung tidak akan berhenti kalau kamu membalasnya. Dengan membalas dendam, sama saja kamu memperpanjang rantai perilaku bullying. Tanpa perlu membalas, suatu saat, pelaku bully akan jera ketika mendapatkan hukuman dari orang lain. Karma selalu menemukan jalannya untuk kembali. Believe it.

Mulai sekarang tidak perlu sedih lagi kalau kamu mengalami bullying. Yang terpenting, kamu harus berani menegur pelaku bullying dan tegaskan kalau perbuatannya tidak baik. Nah, semoga tujuh tips menghadapi bullying ini dapat membantumu ya, Inspirator!

Apa saja yang termasuk perilaku bullying? Ada empat jenis; cari tahu di sini. Setelah itu, yuk kenalan dengan Winnie Harlow, yang kisah bullying-nya berakhir happy ending.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here