Pantai Panjang yang bisa jadi salah satu tujuanmu untuk melihat GMT

Gerhana Matahari Total (GMT) merupakan fenomena alam yang menyita perhatian dunia ditahun 2016. Tepat pada tanggal 9 Maret 2016 GMT dapat dinikmati dari beberapa kota di 12 Provinsi dan kota-kota besar atau daerah di Indonesia. GMT 2016 memiliki keistimewaan tersendiri bagi Indonesia karena Indonesia mendapat jatah gerhana matahari total 100%. Ribuan pasang mata akan menjadi saksi peristiwa langka ini mulai dari wisatawan, peneliti, ilmuwan, astronom, komunitas astronomi, dan fotografer. Disini Inspirator Freak akan mengulas destinasi yang siap menyambut kalian dengan berbagai rangkaian acaranya.

1. Goes to Bengkulu, The Land Of Rafflesia

Pantai Panjang yang bisa jadi salah satu tujuanmu untuk melihat GMT
Pantai Panjang yang bisa jadi salah satu tujuanmu untuk melihat GMT

Bengkulu mulai mempersiapkan diri untuk mempromosikan wisata dan budayannya kepada pengunjungnya menjelang GMT.  Menurut Kepala Bidang Pengembangan Produk Pariwisata Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, Suparhim mengatakan akan diadakan festival rakyat dengan mengangkat tarian dan cerita rakyat yang berkenaan dengan gerhana matahari total. Festival rakyat tersebut akan dikemas dengan menampilkan nuansa melayu yang berkenaan dengan Gerhana Matahari akan tetapi tetap mengutamakan budaya Bengkulu. Berdasarkan data yang didapat dari www.infoastronomy.org, untuk daerah Bengkulu kontak awal gerhana : 06:19 WIB, puncak gerhana : 07:19 WIB, kontak akhir gerhana : 08:27 WIB.

2. Goes to Palembang, Venice of The East

3313658442_2d63cb8fec_o
Pesonanya yang akan menjadi saksi bisu GMT 2016

Kota Palembang menjadi salah satu kota terpilih yang dilewati GMT 2016. Jembatan Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) yang menjadi icon Kota Palembang akan menjadi pusat penyelenggaraan beberapa festival. Gubernur Sumatera Selatan, Alex Nurdin, mengatakan bahwa jembatan Ampera di atas Sungai Musi akan ditutup selama 12 jam agar para wisatawan bisa melihat GMT dari atas jembatan.

Acara yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah yaitu glowing night run, ritual komunitas supranatural, penampilan kesenian, festival lomba foto internasional, pertunjukan barongsai sepanjang 30 meter, pelepasan lampion, aneka sajian kuliner dan tour edukasi untuk anak sekolah bekerjasama dengan LAPAN. Lokasi yang strategis untuk menyaksikan gerhana matahari total antaranya Jembatan Ampera karena tinggi dan luas dan lantai atas Hotel Aryaduta. Sedangkan, berdasarkan data yang didapat dari www.infoastronomy.org, untuk daerah Palembang kontak awal gerhana : 06:20 WIB, puncak gerhana : 07:21 WIB, kontak akhir gerhana : 08:30 WIB.

3. Goes to Bangka Belitung, Maldiven van Andalas

Pantai Burung Mandi yang siap menyapamu dengan panjang pantainya yang mencapa 1.5 Kilometer
Pantai Burung Mandi yang siap menyapamu dengan panjang pantainya yang mencapa 1.5 Kilometer

Bangka Belitung bisa menjadi pilihan kunjungan wisata untuk menikmati GMT sembari melihat Museum Kata Andrea Hirata dan replika Sekolah Laskar Pelangi di Bangka Belitung. Menurut Pemda Kabupaten Belitung Timur, Helly Candra ada enam titik di tiga kecamatan yakni Pulau Limau, Pantai Serdang, Pantai Oli Pier, Bukit Samak A1 di Kecamatan Manggar, Pantai Tambak di Kecamatan Damar dan Pantau Sengaran di Kecamatan Kelapa untuk para wisatawan agar bisa menyaksikan GMT dengan nyaman. Fasilitasnya juga disediakan, ada tenda, mobil angkutan, toilet mobile, sampai kacamata untuk menyaksikan GMT.

Selain itu yang menggiurkan adalah Bangka Belitung kemungkinan akan disambangi oleh kurang lebih empat kapal pesiar yang siap memanjakan pelancong untuk menikmati GMT dari atas kapal. Dari enam titik pantau yang ada, Pantai Serdang di Desa Mayang Kelapa Kampit adalah spot terbaik untuk melihat GMT.

Bagi para wisatawan, Helly menyarankan untuk menyaksikan GMT dari Pulau Buku Limau. Namun, jika ingin spot terbaik untuk melihat GMT sekaligus mendapatkan pemandangan matahari terbit yang indah, disarankan untuk menyaksikan GMT dari Pantai Oli Pier. Sedangkan untuk tamu undangan VIP akan diarahkan ke Bukit Samak yang merupakan kawasan komplek Rumah Dinas Bupati A1. Selain itu ada 4 kota yang bisa digunakan untuk melihat GMT yaitu kota Koba, Toboali, Tanjung Pandan, dan Manggar.

Ada satu pantai yang bisa menjadi petimbangan lebih untuk dijadikan tujuan saat akan melihat GMT yaitu Pantai Burung Mandi. Pantai ini dipilih karena berada dekat dengan tengah lintasan gerhana matahari total 9 Maret 2016. Karena berada dekat dengan tengah lintasan gerhana, maka durasi totalitas yang akan dapat diamati pun akan semakin lama hingga mendekati durasi totalitas maksimum yang dapat diamati di Pulau Belitung.

Selain itu panjang garis pantai yang dimiliki Pantai Burung Mandi mencapai 1,5 kilometer. Hal ini juga harus diperhatikan karena dengan pesisir pantai yang luas, maka pengunjung akan merasa lebih leluasa dan bebas bergerak kemana saja. Bahkan sekalipun nantinya akan banyak pengunjung yang datang, tidak akan terasa penat atau sumpek. Festival yang akan diselenggarakan meliputi : Belitung Photography Trip, Belitung Ultra Beach Run, Belitung Lantern Run, dan Pameran Foto. Berdasarkan data yang didapat dari www.infoastronomy.org, untuk daerah Bangka & Belitung kontak awal gerhana : 06:20 WIB, puncak gerhana : 07:23 WIB, kontak akhir gerhana : 08:35 WIB.

4. Goes to Balikpapan, Oil City

5929328048_fc25ffd366_z
Salah satu sisi di Pantai Manggar

Kota Balikpapan menjadi kota berikutnya yang menjadi tujuan saat akan melihat GMT. Sejumlah acara yang berpusat di dua lokasi, yakni Pantai Manggar dan Pantai Banua Patra, telah disiapkan. Acara-acara itu di antaranya pesta laut, lomba perahu naga, Tarian Paraga dari Sulawesi Selatan, Balikpapan Borneo Travel Mart, serta seminar dan studi astronomi yang melibatkan seluruh pelajar di Balikpapan.

Dinas Pariwisata Balikpapan akan menggelar pesta laut di Pantai Manggar, yang jaraknya sekitar 25 km sebelah utara pusat kota. “Agenda utamanya bakar ikan massal di sepanjang Pantai Manggar, selain itu ada Festival Kuliner di Lapangan Merdeka,” kata Kepala Dinas Pariwisata Balikpapan Oemy Facessly. Acara bakar ikan masal akan diadakan setelah GMT usai. Gerhana dapat dilihat lebih lama di kota Tana Grogot, 150 km tenggara Balikpapan, sebab dilewati umbra’ atau oleh bayangan utama bulan. Berdasarkan data yang didapat dari www.infoastronomy.org, untuk daerah Balikpapan kontak awal gerhana : 07:25 WIB, puncak gerhana : 08:34 WIB, kontak awal gerhana : 09:53 WIB.

5. Goes to Palangkaraya, Kota Cantik

3808334416_183ca807df_o
Jembatan Kahayan yang akan tinggalkan pesan terindah untukmu saat GMT 2016

Menurut Dinas Pariwisata Kota Palangkaraya, H Affendie mengatakan bahwa Palangkaraya akan mengadakan gelaran Festival. Yakni Festival Eclips atau Festival Gerhana. Pusat event berada di Lapangan Senaman Mantikai Palangkaraya. Event yang diselenggaraan ada Fashion Street, Perkusi Penampilan Khas Dayak, Tarian Kolosal, dan pagelaran seni budaya Palangkaraya. Selain itu, ada 2 tempat strategis yang bisa digunakan untuk melihat GMT yaitu di bantaran Sungai Kahayan dan Pelabuhan Tugu Soekarno.

Masyarakat Dayak pada zaman dulu, selalu melihat GMT melalui pantulan air sungai. Disana kalian bisa mengunjung tempat-tempat seperti Betang Eka Tingang Nganderang, Tugu Soekarno, dan kapal susur sungai. Berdasarkan data yang didapat dari www.infoastronomy.org, untuk daerah Palangkaraya kontak awal gerhana : 06:23 WIB, puncak gerhana : 07:30 WIB, kontak akhir gerhana : 08:46 WIB.

6. Goes to Palu, Kota Lima Dimensi

20671271644_13393328cd_z
Tana Toraja, tempat yang kaya akan tradisi dan megaliti pra-sejarahnya.

Sementara di Palu kalian akan disambut dengan penampilan dari Slank dan 3 panggung yang eco-friendly dan sustainable (berkelanjutan) dengan konsep panggung yang hampir seluruhnya menggunakan bambu. Festival Eclipse 2016 bakal digelar pada tanggal 7 – 11 Maret, di Ngata Baru, Palu, Sulawesi Tengah, dengan berbagai acara yaitu lomba fotografi, Palu 10 K, Palu culinary festival, Palu world music,  dance festival, karnaval budaya, pacuan kuda Pantai Talise, lomba perahu layar, Palu bay fun bike, dan yoga. Di Ngata Baru, kalian dapat dengan mudah menuju Toraja dan Lembah Bada yang terkenal dengan megalit pra sejarahnya.

Pada malam harinya ada suguhan live painting, fire shows, dan visual art. Didirikan 20 stalls  dan 3 bar berukuran besar yang menyediakan air minum, juice, dan air kelapa untuk memanjakan pengunjung yang akan  menikmati kuliner tradisional dan internasional. Kegiatan Yoga pun dapat dilakukan di pagi hari seraya mengembus semilir angin Ngata Baru.

Tidak hanya itu, ada workshop, pertunjukan seni lokal, pasar yang melibatkan penduduk lokal, dan masih banyak lagi. Seluruh kegiatan tersebut dinamakan area Kepler (The Kepler Zone), di sini semuanya bisa menikmati meditasi, pertukaran bahasa, pemutaran film dan dokumenter, healing zone dan herbal medicine (jamu) dan terdapat zona untuk anak-anak. Berdasarkan data yang didapat dari www.infoastronomy.org, untuk daerah Palu kontak awal gerhana : 07:27 WITA, puncak gerhana : 08:38 WITA, kontak akhir gerhana : 10:00 WITA.

 7. Goes to Ternate, Spice Islands

4182717715_038b6e7b28_z
Masjid Kesultanan Tidore, salah satu tempat dilaksanakannya salat GMT

Di ternate kalian akan disambut dengan suguhan tradisi Dolo-Dolo. Dolo-dolo merupakan sebuah tradisi budaya yang biasa dilakukan ketika terjadi gerhana matahari atau gerhana bulan. Masyarakat Tidore akan memukul kentongan yang terbuat dari bambu secara bersamaan di seluruh wilayah kampung. Di sini lokasi untuk menikmatai GMT semua berada tepat di tepi pantai.

Menurut Idrus, pemerintah Kota Ternate akan menjadikan peristiwa itu sebagai salah satu upaya memperkenalkan daerahnya kepada khalayak internasional lewat penyelenggaraan Ternate Solar Eclipse.  PEMDA telah menyiapkan kapal untuk dijadikan hotel terapung bagi pengunjung. Kapal yang akan digunakan adalah kapal milik (Pelayaran Nasional Indonesia) PELNI dengan standar 50 kamar. Kapal tersebut akan berlabuh di Pelabuhan Ahmad Yani. Fasilitas yang disediakan berupa 1.500 kamar yang tersebar di 98 hotel, penginapan, homestay bagi wisatawan yang ingin berbaur dengan masyarakat daerah. Berdasarkan data yang didapat dari www.infoastronomy.org, untuk daerah Ternate kontak awal gerhana : 08:36 WIT, puncak gerhana : 09:52 WIT, kontak akhir gerhana : 11:20 WIT.

news20160216185649
Pesona Gerhana Matahari, kompetisi yang diadakan oleh Kementrian Pariwisata

Selain event maupun festival yang diselenggarakan dari 7 kota diatas, Kementrian Pariwisata juga mengadakan kompetisi yakni, lomba tulisan, foto, dan video. Kompetisi ini diadakan dengan tujuan besar untuk menujukkan kepada wisatawan mancanegara maupun local bahwa di Indonesia ini ada pesona alam, budaya, dan kuliner yang siap menyapa para wisatawan. “Masyarakat bisa menunjukkan setiap daerah mempunyai ciri khas masing-masing untuk dilihat, baik itu alam, budaya, dan kuliner yang tidak dimiliki daerah lain, sehingga masyarakat akan tahu dan berkunjung ke sana,” ujar Putu.

Menteri Arief pun menyaran kerja sama dengan pelaku usaha pariwisata dalam bentuk paket tour, yang di antaranya menyodorkan program bertajuk eclipse regatta. “Untuk eclipse regatta sudah ada empat cruise yang mendaftarkan diri melintasi Indonesia saat berlangsung GMT yakni; Orion Cruise (milik National Geographic), Caledonian Cruise, Coral Princess Cruise, dan Peter Deilmann Cruise, Sedangkan PT Pelni merencanakan tiga kapal besar sebagai hotel terapung di Bangka, Belitung, Palu, dan Ternate” ujar Arief.

Jadi, kemana tujuan travelling dan tempat nonton bareng (nobar) kalian untuk menikmati GMT sekaligus pesona alam, budaya, dan kuliner?. Masih bingung?. Jangan sampai ketinggalan ya dan juga jangan lupa gunakan kacamata matahari yang dilapisi filter khusus matahari. Hal ini untuk mencegah kerusakan mata jika mengamati secara langsung tanpa alat bantuan.

Keep Breathing, Keep Inspiring! Penulis  : Yoga Pratama Editor    : Dylan Aprialdo Rachman Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak

LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)
SHARE
Previous articleCommunity Gathering with HiLo Green Community Tangerang
Next articleYuk Lestarikan Dongeng

LEAVE A REPLY