Jangan Panik! 5 Pertolongan Pertama Ini Akan Membantumu Saat Mengalami Cedera

Photo: google

Saat beraktivitas, kadang-kadang bisa ada yang kejadian tidak diharapkan. Misalnya, cedera, kecelakaan kecil, atau kondisi darurat lainnya yang dapat membuatmu terluka. Nah, kalau mengalami hal tersebut, biasanya kamu panik karena tidak tahu apa yang harus dilakukan, bukan?

Jika kondisi seperti itu terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan pertolongan pertama. Berikut ini ada beberapa tindakan pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat kamu mengalami cedera atau kondisi darurat dalam beraktivitas.

1. Luka bakar

Photo: alodokter.com

Saat kamu terkena percikan api atau minyak panas, jangan buru-buru ambil es batu untuk mengademkannya. Tindakan itu justru akan menyumbat aliran darah dan memperlambat penyembuhan luka. Yang harus kamu lakukan adalah membersihkan bagian kulit yang terbakar dengan air hangat, keringkan, oleskan krim antibiotik, lalu perban dengan longgar menggunakan kain kasa atau kapas.

Kalau luka bakar yang kamu alami ukurannya lebih dari dua senti atau memanjang di sekitar sendi, lukanya terbuka, dan kulitnya menghitam, segera ke dokter ya, Inspirator.

2. Kaki terkilir

Photo: premier-clinic.co.uk

Kaki terkilir pasti sakit sekali. Saat ini terjadi padamu, segera istirahatkan kakimu dan jangan memaksakan untuk berjalan karena bisa melukai otot. Untuk mempercepat penyembuhan, gunakan ankle wrap–pembungkus pergelangan kaki atau lutut–yang bisa dibeli di apotek. Gunakan selama tiga hari pertama, setelah itu bisa dilanjutkan dengan mengompres kaki beberapa jam sehari dengan es batu. Kalau dalam seminggu kakimu tidak kunjung membaik, kaki akan membengkak dan berubah warna menjadi keunguan.

3. Kepala terbentur dinding atau benda keras

Photo: klikdokter.com

Setelah kepala terbentur sesuatu yang keras, biasanya kamu merasa pusing. Segera kompres bagian kepala yang terbentur dengan es. Istirahatlah beberapa jam sampai sakitnya hilang. Kalau sakit di kepalamu tidak kunjung hilang, pandangan mengabur, mual, dan kamu jadi sensitif pada cahaya atau suara, itu artinya kamu mengalami cedera serius. Segera periksakan ke dokter, ya!

4. Tergores benda berkarat

Photo: inspiradata.com

Hati-hati jika ada benda berkarat menusuk atau menggores kulitmu. Benda atau besi yang berkarat dapat menginfeksi tubuh dan menyebabkan tetanus. Kalau kamu mengalami hal ini, segera bersihkan luka dengan sabun dan air hangat sampai bersih.

5. Jemari teriris pisau

Photo: google

Jangan langsung panik, Inspirator! Kalau tanpa sengaja jemarimu terluka akibat goresan pisau, segera tekan tangan yang terluka dengan handuk bersih selama 5 sampai 10 menit supaya darahnya segera ke luar. Setelah pendarahan berhenti, segera bersihkan luka dengan air mengalir. Kemudian, oleskan salep untuk luka dan perban luka dengan balutan longgar.

Itulah pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan saat mengalami cedera atau kondisi darurat saat beraktivitas. Tentunya kamu tidak ingin kecelakaan itu terjadi, tapi kamu tetap harus mengantisipasi segala sesuatu, bukan? Yang paling penting, selalu berhati-hati saat melakukan sesuatu ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here