Jangan Lewatkan “Bulan Di Atas Kuburan” Dan Bioskop Keliling Di Hari Film Nasional

hari film nasional
Poster film Bulan di Atas Kuburan (1973) (Foto: b-pass.blogspot.com)

Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional 2017 pada 30 Maret, serangkaian acara menarik digelar. Salah satunya yang tak boleh Inspirator lewatkan adalah penayangan film klasik Indonesia yang sudah direstorasi, Bulan di Atas Kuburan (1973) dan bioskop keliling.

Film Bulan di Atas Kuburan akan dipertontonkan dalam satu hari, Kamis, 30 Maret 2017 dan terbatas di 20 gedung bioskop di Indonesia.

Film yang yang sutradarai oleh Asrul Sani ini bercerita tentang kehidupan Tigor dan Sahat yang merantau ke Jakarta karena tergiur dengan keberhasilan Sabar, tetangga mereka di kampung. Namun ternyata di Jakarta Sabar tinggal di kawasan kumuh dan bekerja sebagai sopir angkutan umum. Di Jakarta, Tigor dan Sahat berusaha menggapai cita-cita mereka.

Selain Bulan di Atas Kuburan, film hasil restorasi Tiga Dara pun akan diputar bersama film Cek Toko Sebelah, Salawaku, Athirah, dan Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara.

Bioskop keliling Kemendikbud (Foto: Tabloidkabarfilm.com)

Sementara itu, kegiatan bioskop keliling akan menayangkan film-film bertema keberagaman Indonesia di sejumlah kota di Indonesia. Kota-kota dikunjungi ialah Banda Aceh, Ambon, Bandung, Bandar Lampung, Cilacap, Denpasar, Kupang, Medan, Malang, Palangkaraya, serta Sukabumi.

Bioskop keliling ini bekerjasama dengan 10 komunitas film di dalam dan luar Pulau Jawa untuk mengelola pemutaran film bagi publik secara luas. Selaras dengan maksud dan tujuannya untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat yang masih mengalami kesulitan mendapatkan akses terhadap film-film Indonesia dengan lebih mudah.

Nah, siapkan waktu dan tenagamu untuk merayakan Hari Film Nasional, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here