Jangan Diabaikan, Ini 7 Tips Mudah Membaca Buku Supaya Lebih Efektif

Sumber: Dokumentasi Pribadi - Walvenardo

Pukul 10 pagi di Perpustakaan Nasional, saya sempat mencari novel FBI vs CIA karya Shandy Tan yang memang sudah saya incar sejak lama. Untungnya, di perpustakaan setinggi 24 lantai itu, saya dapat menemukan novel FBI vs CIA.

Nah, waktunya membaca buku! Namun, pikiran saya malah terganggu dengan tugas akhir yang belum tersentuh sama sekali, charger laptop yang ketinggalan di loker, dan notifikasi ponsel yang tidak berhenti. Inspirator juga pernah mengalami hal serupa?

Kalau ya, coba simak tips mudah membaca buku supaya lebih efektif berikut ini.

Hentikan kebiasaan menggumam

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

Kamu sering membaca buku sambil bergumam? Ternyata hal itu tidak efektif dan mengganggu. Konsentrasimu akan terpecah dan kamu kesulitan memahami bacaan. Nah, coba hilangkan kebiasaan tersebut dengan mendengarkan instrumental berirama lambat atau mengunyah permen karet.

Atur jarak pandang

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

Bila jarak mata dengan buku terlalu dekat, kamu bisa pusing dan berujung pada malas membaca buku. Sebaiknya, atur jarak pandang ke buku sekitar 30 cm. Dijamin, kamu lebih nyaman dan tidak mudah lelah saat membaca.

Langsung membaca kalimat per kalimat

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

Untuk bisa memahami dengan lebih baik, biasakan membaca kalimat per kalimat secara langsung. Hindari membaca kata per kata. Selain ada kecenderungan mengulangi kata yang sama, juga jadi boros waktu.

Gunakan ujung jemari setiap membaca kalimat

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

Nah, cara ini sangat efektif. Kamu jadi tidak mudah “kehilangan” kalimat yang dibaca, dan itu tentunya lebih menghemat waktu.

Saat ada ide datang, catat dulu di ponsel

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

Saat membaca buku tiba-tiba dapat ide atau inspirasi? Kalau kamu tidak mau memberikan tanda atau highlighter langsung di buku, sebaiknya catat di ponsel supaya tidak lupa.

Ukur kemampuan membaca

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

Kamu bisa mengukur kemampuan membaca dengan mengatur timer di ponsel. Untuk tahap pertama, atur timer selama 1 menit dan bacalah buku sampai timer-mu berbunyi. Hitung berapa banyak paragraf atau halaman yang bisa kamu baca dan catat sebagai bukti. Ulangi cara ini setiap kamu akan membaca buku lain. Usahakan waktu kamu butuhkan semakin singkat, tapi dengan pemahaman yang lebih baik. Mudah, bukan?

Bentuk kebiasaan membaca buku setiap hari

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

Nah, untuk mengusir rasa malas, cobalah ambil ponsel dan buka fitur catatan. Catat tanggal dan buku apa yang ingin kamu baca untuk seminggu ke depan. Pilih buku dengan tema atau bahasan yang kamu suka. Dengan begitu, minat membaca buku pun semakin meningkat.

Nah, itulah tips mudah membaca buku supaya lebih efektif yang bisa kamu ikuti. Mulai sekarang, biasakan untuk membaca buku ya, Inspirator. Dengan banyak membaca buku, jendela ilmu terbuka lebar untukmu. Dan, jangan lupa juga, buka jendela kebahagiaanmu untuk membagikan artikel ini kepada orang yang paling kamu cintai.

(Sumber: Hipwee)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here