Jangan Buang Kantongan Teh Celup Bekas Pakai. Yuk, Manfaatkan Kembali!

Menikmati secangkir es teh manis atau teh hangat yang harum, apalagi ditemani musik lembut dan buku favorit, pasti bisa membuat pikiran seseorang lebih rileks. Menyiapkan teh pun sekarang tidak ribet lagi, karena ada teh celup dengan berbagai varian dan merek. Tinggal masukkan kantongan teh celup bekas ke cangkir atau gelas, tuangkan air mendidih, tunggu 3-5 menit, tadaaa… teh sedap siap disesap. Tanpa ampas, cangkir pun tinggal dibilas.

Lalu, apa yang biasanya kamu lakukan dengan kantongan teh celup bekas pakaimu, Inspirator? Langsung membuangnya? Jika ya, mulai sekarang jangan langsung dibuang, karena ternyata masih ada manfaatnya.

Photo: Dokumentasi Pribadi/Gabriella

1. Manfaat kantongan teh celup bekas untuk tanaman

♤ Kompos
Kantongan teh celup bekasmu bisa membantu timbunan komposmu terurai lebih cepat. Taburkan isi kantongan teh ke permukaan timbunan kompos. Jika kamu cukup yakin kantongan teh itu juga terbuat dari bahan yang mudah terurai, ikutkan.

♤ Menambah zat hara tanaman di kebunmu
Jika kamu memiliki kebun, campurkan isi kantongan teh celup bekas ke lapisan tanah paling atas untuk menambah zat hara bagi tanamanmu, sekaligus untuk mencegah hama memakan bunga kesayanganmu. Kandungan asam di teh secara khusus membantu memelihara tanaman seperti pakis-pakisan dan mawar.

♤ Menjaga tanaman dalam potmu tetap semarak
Ketika menyiapkan tanaman untuk ditaruh di pot, atur kantongan teh celup bekas di lubang-lubang tempat air mengalir ke luar. Kantongan teh akan menahan air yang keluar dan menyuplai tanah dengan zat hara berbeda-beda.

Photo credit: womanworking.com

2. Manfaat kantongan teh celup bekas untuk kecantikan

♡ Melembapkan rambut
Tambahkan kembali air mendidih untuk merendam kantongan teh celup bekas pakai. Air rendaman ini bisa dipakai sebagai kondisioner alami yang membuat rambutmu selembut sutra dan terbebas dari zat-zat kimia yang merusak. Jadi bisa menghemat biaya perawatan rambut ke salon, kan?

♡ Meredakan kulit yang teriritasi
Teh memiliki kandungan zat yang bisa membantu meredakan gatal di kulit. Tempelkan kantongan teh celup bekas ke kulit yang meradang atau digigit serangga.

♡ Perawatan mata
Rendam kembali kantongan teh celup bekasmu di air hangat, setelah itu tempelkan di kelopak mata untuk mengurangi bengkak, sembap, dan lingkaran hitam. Biarkan selama kira-kira 20 menit supaya hasilnya optimal.

♡ Penghilang bau kaki
Bau kaki? Ihh! Manfaatkan kantongan teh celup yang sudah dipakai untuk mengatasinya. Caranya: rendam kakimu yang bau di air yang ditambahkan kantongan teh celup bekas pakai selama 20 menit, lakukan selama beberapa hari berturut-turut dengan disiplin. Air rendaman ini mengandung zat-zat yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki, bahkan bisa mengecilkan pori-pori juga, lho.

Wah, ternyata meskipun bekas masih banyak manfaatnya ya, Inspirator? Dengan memanfaatkan ulang kantongan teh celup yang sudah dipakai, selain menghemat uang untuk beberapa perawatan pribadi, kamu juga ikut menjaga Bumi.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here