bubur manado
Ilustrasi

Hallo Inspirator! Indonesia memili berbagai macam makanan tradisional, mulai dari makanan lengkap hingga selingan dan minuman. Makanan tradisional biasa dikonsumsi masyarakat daerah tertentu dan terbuat dari beragam bahan dasar. Demikian juga cara pengolahannya yang dilakukan dengan beragam cara, seperti dibakar/dipanggang, diasap, dipepes, dikukus, digoreng, dan ditumis

Bagi kalian yang hobi banget makan atau berwisata kuliner, pasti udah engga asing lagi dengan 14 makanan tradisional Indonesia ini.

1. Rendang
Sasanti-Restaurant-Lounge-Jogjakarta-Indonesian-food-Wagyu-Rendang-2
Ilustrasi | Sumber : sasantirestaurant.com

Rendang merupakan makanan tradisional Minangkabau yang bercita rasa pedas karena menggunakan campuran dari berbagai bumbu dan rempah-rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses memasak yang lama dan berulang-ulang dengan santan kelapa. Waktu yang diperlukan untuk memasak rendang sekitar 4 jam atau hingga masakan mengering dan berubah warna. Dalam suhu ruangan, rendang dapat bertahan berminggu-minggu. Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

2. Nasi Goreng
img_8121-12
Ilustrasi | Sumber : xinfully.files.wordpress.com

Nasi goreng merupakan nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, lada, dan bumbu-bumbu lainnya. Untuk penambah selera bisa ditambahkan telur, ayam, dan kerupuk. Saat ini nasi goreng mulai bervariasi menunya, ada yang ditambah ikan asin, daging kambing, seafood, dan masih banyak lagi. Pada tahun 2011, sebuah polling internet yang melibatkan 35.000 pengguna di situs CNN International menempatkan nasi goreng pada peringkat kedua dalam daftar 50 Makanan Terlezat di Dunia setelah rendang.

3. Sate
Chicken Satay 2
Ilustrasi | Sumber : 3.bp.blogspot.com

Sate merupakan salah satu masakan nasional Indonesia yang dapat ditemukan di mana saja di Indonesia. Makanan ini terbuat dari potongan daging kecil-kecil yang ditusuk sedemikian rupa dengan tusukan lidi dari tulang daun kelapa atau bambu, kemudian dibakar di atas bara/arang kayu. Daging yang dijadikan sate antara lain ayam, kambing, domba, sapi, babi, kelinci, kuda, dan lain-lain. Sate disajikan dengan berbagai macam bumbu, ada bumbu kecap, bumbu kacang, atau lainnya. Biasanya disertai acar irisan bawang merah, mentimun, dan cabai rawit. Sate terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Go pada 2011.

4. Gado-gado
Ilustrasi | Sumber: http://www.giamarescotti.com
Ilustrasi | Sumber: giamarescotti.com

Makanan yang berasal dari Pulau Jawa ini terdiri dari campuran sayuran yang telah direbus, dengan bumbu kacang atau saus dari kacang tanah yang dihaluskan dan kemudian di atasnya ditaburi bawang goreng.  Gado-gado dapat dimakan begitu saja seperti salad dengan bumbu/saus kacang, tapi juga dapat dimakan beserta nasi putih atau lontong. Kalian bisa memperoleh gado-gado di warung tepi jalan, gerobak keliling hingga restoran yang tersebar di Indonesia.

5. Pempek
Ilustrasi|Sumber: https://anakjajan.files.wordpress.com
Ilustrasi | Sumber : anakjajan.files.wordpress.com

Pempek atau empek-empek adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Palembang, terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan sagu, serta beberapa komposisi lain, seperti telur, bawang putih halus, penyedap rasa, dan garam. Pempek disajikan dengan saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau cuko (bahasa Palembang). Cuko dibuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi, cabai rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Namun seiring masuknya pendatang dari luar Pulau Sumatera maka saat ini banyak ditemukan cuko dengan rasa manis bagi yang tidak menyukai pedas. Sebagai pelengkap dalam menyantap makanan ini adalah irisan dadu timun segar dan mie kuning.

Jenis pempek yang terkenal adalah pempek kapal selam, yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama ada’an), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah ditumis dan dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.

6. Serabi
img_5381
Ilustrasi | Sumber : kulinerjawabarat.files.wordpress.com

Terdapat dua jenis serabi (dikenal juga dengan nama surabi), yaitu serabi manis yang menggunakan kinca dan serabi asin dengan taburan oncom yang telah dibumbui di atasnya. Serabi biasanya dijajakan pada pagi hari dan dimasak menggunakan tungku sehingga menghasilkan rasa yang khas. Kadangkala telur ayam yang telah dikocok ditambahkan ke atas adonan serabi yang sedang dimasak. Seiring dengan perkembangan zaman, banyak yang terus berinovasi dengan menambahkan berbagai topping yang bervariasi, seperti sosis, keju, maupun mayones yang tujuannya untuk mematahkan asumsi bahwa serabi adalah makanan yang terkesan rendahan.

7. Gudeg
Ilustrasi | Sumber: http://swaragamafm.com
Ilustrasi | Sumber: swaragamafm.com

Gudeg adalah makanan tradisional Yogyakarta dan Jawa Tengah. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu, dan sambal goreng krecek. Ada berbagai varian gudeg, antara lain gudeg kering dan gudeg basah. Gudeg kering disajikan dengan areh kental, sedangkan gudeg basah disajikan dengan areh encer. Ada juga gudeg solo, yaitu gudeg yang areh-nya berwarna putih.

8. Lumpia Semarang
12 Makanan Tradisional Indonesia Paling Populer
Ilustrasi | Sumber : olqw.org

Lumpia semarang atau loenpia semarang adalah makanan tradisional Indonesia semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang. Cita rasa lumpia semarang merupakan perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

9. Mie Aceh
12 Makanan Tradisional Indonesia Paling Populer
Ilustrasi | Sumber : destindonesia.com

Mie aceh adalah masakan mie pedas khas Aceh, Indonesia. Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie aceh tersedia dalam dua jenis, yaitu mie aceh goreng (digoreng dan kering) dan mie aceh kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk nipis.

10. Soto Kudus
soto kudus
Ilustrasi | Sumber: kidnesia.com

Soto kudus adalah soto yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah. Soto kudus, hampir mirip dengan soto lamongan, berisi suwiran ayam dan taoge. Terkadang soto kudus juga menggunakan daging kerbau dan kuahnya lebih bening. Persis dengan soto lainnya, soto kudus lebih terasa nikmat dengan tambahan sambal dan jeruk nipis. Hidangan soto kudus tidak hanya dapat ditemukan di Kudus, saat ini juga dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia. Soto kudus tidak ada yang menggunakan daging sapi karena penghormatan terhadap agama Hindu, yang mana sapi adalah hewan yang dianggap suci dalam agama Hindu. Namun hal ini hanya sebatas anjuran dari Sunan Kudus. Beliau mengajari orang Islam untuk menghargai agama lain, khususnya agama Hindu. Hal ini merupakan bentuk toleransi yang telah diajarkan oleh Sunan Kudus bagi pemeluk agama Islam yang tinggal di daerah Kudus. Budaya itu pun masih berlaku sampai sekarang.

11. Sup Konro
12 Makanan Tradisional Indonesia Paling Populer
Ilustrasi | Sumber : www.tokomesin.com

Sup konro adalah masakan tradisional Indonesia yang berasal dari tradisi suku Bugis dan Makassar. Sup ini biasanya dibuat dengan bahan iga sapi atau daging sapi. Masakan berkuah warna coklat kehitaman ini biasanya dimakan dengan ketupat kecil yang dipotong-potong. Warna gelap ini berasal dari buah kluwek yang memang berwarna hitam. Bumbunya relatif “kuat” karena penggunaan ketumbar saat memasaknya. Kini terdapat variasi konro kering yang disebut konro bakar, yaitu iga sapi bakar dengan bumbu khas konro.

12. Bubur Manado
bubur manado
Ilustrasi | Sumber : asianfoodchannel.com

Tinutuan atau bubur manado adalah makanan tradisional Indonesia dari Manado, Sulawesi Utara. Ada juga yang mengatakan tinutuan adalah makanan khas Minahasa, Sulawesi Utara. Tinutuan merupakan campuran berbagai macam sayuran, tidak mengandung daging, sehingga makanan ini bisa menjadi makanan pergaulan antarkelompok masyarakat di Manado. Tinutuan biasanya disajikan untuk sarapan pagi beserta berbagai pelengkap hidangannya.

13. Ayam atau Bebek Betutu
Menelisik-Kehalalan-Kuliner-Ayam-Betutu-Khas-Bali
Ilustrasi | Sumber : halhalal.com

Betutu adalah lauk yang terbuat dari ayam atau bebek yang utuh dan berisi bumbu, kemudian dipanggang dalam api sekam. Namun jika disimpan, betutu tidak dapat tahan lama. Betutu telah dikenal di seluruh kabupaten di Bali dan sekarang pun sudah bisa dinikmati siapa saja hingga wisatawan mancanegara. Salah satu produsen betutu adalah Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar. Betutu biasanya digunakan sebagai sajian pada upacara keagamaan dan upacara adat.

14. Papeda
Papeda
Ilustrasi | Sumber : indonesiamagz.com

Papeda merupakan makanan tradisional berupa bubur sagu dari Maluku dan Papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang telah dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya akan serat, rendah kolesterol, dan cukup bernutrisi.

Demikian 14 makanan tradisional Indonesia paling populer yang berhasil Tim IF rangkum untuk Insprator semua. Yuk, cicipin rame-rame!

Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Ani Hardiyani Editor   : Andreas Maydian Puspito Inspirator Freak Twitter: @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

LEAVE A REPLY