wisata bahari Indonesia
Foto: WWF Indonesia

Selamat Hari Laut Sedunia, Inspirator! Sebagai salah satu negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia tak hanya dianugerahi hasil laut dan keanekaragaman hayati yang melimpah tetapi potensi wisata bahari yang menjanjikan. Bahkan Presiden Jokowi mencanagkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Tentu potensi ini akan berkembang lebih besar jika seluruh stakeholder terlibat dalam pengembangan, pengawasan dan perlindungan. Utamanya di kawasan konservasi atau kawasan lindung. Sebab kawasan tersebut penting bagi kelangsungan sumber daya laut dan memiliki fungsi penting bagi ekosistem yang lebih luas lagi.

Untuk tujuan mulia itu, WWF Indonesia (World Wildlife Fund for Nature) bersama komunitas MarineBuddies menggagas kampanye bertajuk #TemanTamanLaut sekaligus meluncurkan aplikasi Marine Buddies. Melalui aplikasi berbasis android dan iOS ini Inspirator bisa mengenal lebih dari 165 kawasan konservasi bahari di Indonesia serta terlibat langsung dalam mengawasi dan melaporkan aktivitas bahari yang tidak bertanggung jawab.

Benja Victor Mambai, Plt CEO WWF-Indonesia, yakin Marine Buddies menjadi sebuah media informasi yang edukatif dan mempengaruhi perubahan menuju perilaku wisata dan usaha yang lebih ramah lingkungan.

“Aplikasi ini dikembangkan sebagai upaya melibatkan publik dalam mengawasi pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam. Kontribusi masyarakat melalui penilaian ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak terkait seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), untuk mewujudkan pengelolaan kawasan yang efektif dan bermanfaat,” jelasnya dalam siaran pers WWF Indonesia.

Ramon Tungka, aktor dan penggiat kegiatan luar ruang, turut menggugah publik untuk memulai perubahan dengan menerapkan praktik terbaik wisata bahari yang ramah lingkungan dan aktif dalam mengedukasi wisatawan untuk berwisata secara bertanggung jawab.

“Banyak hal yang kita bisa lakukan untuk turut berkontribusi dalam ekowisata, salah satunya dengan menilai dan mengawasi pengelolaan sumber daya dan keanekaragaman hayati laut di kawasan konservasi bahari melalui aplikasi Marine Buddies,” ujar Ramon. Ramon turut didukung oleh sederet figur publik, antara lain Nadine Chandrawinata, Trinity, dan Devina Mahendriyani.

Foto: Selular.id

Melalui kampanye bertajuk #TemanTamanLaut, WWF-Indonesia bersama para figur publik mengajak masyarakat untuk memulai dengan tiga langkah sederhana. Pertama mengenali kawasan konservasi bahari di Indonesia. Kedua, mengunjungi dan mendukung penerapan praktik aktivitas bahari yang bertanggung jawab. Ketiga, mengawasi pengelolaan kawasan konservasi bahari dan melaporkan aktivitas bahari yang tidak bertanggung jawab.

Publik juga dapat berpartisipasi dalam memberikan evaluasi terhadap pengelolaan kawasan konservasi bahari, memberikan review, rating, dan berbagi keindahan panorama lokasi melalui akun sosial media.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY