Jaga Kebersihan Kamar Mandi Dengan Bahan yang Mudah Ditemukan Ini!

Photo: blog.mamikos.com

Kamar mandi termasuk tempat yang menyimpan banyak kuman lho, Inspirator. Ini karena kamar mandi sering terkena air sehingga tingkat kelembapannya tinggi. Kuman mudah berkembang biak di tempat-tempat lembap. Nah, maka dari itu kamu harus rajin menjaga kebersihan kamar mandi.

Tidak perlu bingung, Inspirator. Saat ini ada lho, bahan-bahan yang mudah ditemukan yang bermanfaat untuk merawat dan menjaga kebersihan kamar mandi kamu. Yuk, simak, bahan apa sajakah itu?

1. Garam

Lubang WC-mu kotor dan tersumbat? Gunakan garam batu sekitar 500 g atau garam dapur yang ditambah secangkir bubuk soda kue ke lubang WC. Kemudian, tuangkan seliter air mendidih ke lubang tersebut. Diamkan kurang lebih 8 jam atau semalaman. Setelah itu, siram WC dengan air cukup banyak untuk mendorong sumbatan supaya masuk ke septic tank. Nah, bahan-bahan ini bermanfaat untuk membuat WC-mu kembali bersih dan bebas mampet!

2. Air cuka

Selain menggunakan garam, air cuka bermanfaat untuk membersihkan kloset yang kotor, lho! Caranya, masukkan air cuka ke botol spray dan semprotkan ke permukaan kloset. Diamkan beberapa saat, kemudian lap permukaan kloset dengan kain atau spons lembut. Setelah itu, siram bagian dalam kloset dengan cairan antibakteri.

Kalau tidak punya cairan antibakteri, kamu bisa menggantinya dengan cairan pemutih pakaian yang sudah dilarutkan di air. Nah, cuka ini juga bermanfaat untuk membersihkan pancuran air (shower) yang tersumbat dengan cara merendamnya menggunakan campuran air panas dan cuka dengan perbandingan yang sama.

3. Air aki

Ada lumut tumbuh di lantai kamar mandimu? Segera siram dengan air aki. Diamkan seharian atau semalaman, dan lumut akan lepas dengan sendirinya. Lalu, sikat bersih area tumbuh lumut hingga tidak ada lagi lumut yang tertinggal.

4. Citrun

Citrun bisa digunakan untuk membersihkan bak mandi porselen. Caranya mudah, cukup masukkan citrun ke bak dengan perbandingan 5 sendok makan citrun untuk 1 m3 air. Aduk hingga tercampur dengan air dan biarkan semalaman. Esoknya, kuras bak mandi hingga bersih.

5. Ampas kopi

Jangan langsung buang ampas kopimu ya, Inspirator, karena ternyata bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap di WC. Caranya dengan mencampurkan ampas kopi dengan air panas. Siramkan ke setiap sudut kamar mandi dan sikat hingga bersih.

Mudah, bukan? Yuk, jaga kebersihan kamar mandi dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat ini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here