Jadilah Clean Up Hero Bersama Dengan Clean Up Jakarta Day

Mari, bergabung bersama 13 juta orang lainnya

Clean Up Jakarta Day memanggil seluruh elemen masyarakat Jakarta untuk menjadi Clean Up Hero pada 15 September 2018 bersama 13 juta masyarakat lainnya di seluruh Indonesia.

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

Setelah sukses dengan Clean Up Jakarta Day (CUJD) yang melibatkan lebih dari 25.000 relawan di Jakarta pada tahun lalu, CUJD kembali mengajak masyarakat Jakarta untuk menjadi Clean Up Hero. Kegiatan tahun ini akan diselenggarakan pada 15 September 2018 yang merupakan aksi clean up terbesar di Jakarta karena akan ada 600.000 relawan yang melakukan aksi gotong royong ini di seluruh kota.

Didukung pemerintah setempat

Hal ini tak terlepas oleh dukungan yang diberikan oleh Pemerintah DKI Jakarta, dalam hal ini Pemprov DKI dan juga Dinas Lingkungan Hidup Jakarta yang mendukung penuh pelaksanaan Clean Up Jakarta Day ini.

Adapun dipilihnya tanggal 15 September untuk aksi tahun ini dikarenakan pada hari yang sama diselenggarakannya World Clean Up Day, yaitu aksi clean up pertama terbesar sepanjang sejarah yang melibatkan 150 negara bersama jutaan penduduk di dunia. CUJD menjadi gerakan yang memimpin aksi ini di Indonesia, khususnya wilayah DKI Jakarta.

Aksi ini tidak hanya di Jakarta, namun akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia. 34 Provinsi akan melakukan gotong-royong di dalam waktu bersamaan dengan melibatkan 13 juta masyarakat Indonesia. Aksi kali ini akan menjadi aksi gotong-royong terbesar di Indonesia.

Jakarta akan membuka 100 lokasi bersih-bersih tahun ini untuk memberikan kesempatan bagi masyarakat yang ingin bergabung dalam aksi memungut sampah terbesar di dunia. Menurut Kepala Dinas LH Jakarta, tahun ini akan diinstruksikan juga kepada RT/RW untuk ikut serta mengadakan aksi gotong-royong di tempat tinggalnya masing-masing.

Sumber: Dokumentasi Pribadi – Walvenardo

“Kita sangat mendukung aksi ini dan setiap tahun sudah bekerja sama untuk menyukseskan event ini. Tahu ini kita akan menginstruksikan juga kepada seluruh warga Jakarta yang di RT/RW juga untuk ikut gotong-royong. Semua keperluan truk organik dan anorganik akan kita siapkan termasuk tim di lapangan yang siap membantu,” ujar Pak Isnawa Adji, Kepala Dinas LH Jakarta.

Sandiaga Uno siap turun tangan

Hal senada juga dituturkan oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta–Sandiaga Uno–dalam pertemuan yang diselenggarakan dengan tim CUJD, bahwa akan diberikan dukungan penuh oleh Pemprov DKI Jakarta.

“Kita akan mendukung penuh kegiatan ini, dengan meminta bantuan walikota-walikota yang ada di Jakarta dan instansi-instansi terkait juga. Sekaligus nanti kita bantu juga acara Closing Ceremony di Monas.” Demikian disampikan Sandiaga Uno dalam pertemuan yang diselenggarakan pada 8 Mei 2018 di Balai Kota.

Sandiaga Uno setiap tahun hadir di acara Clean Up Jakarta Day, memungut sampah bersama masyarakat dan menyatakan dukungannya secara penuh serta mengajak masyarakat Jakarta untuk terus menjaga kebersihan.

Komunitas, bisnis, sekolah maupun individual juga bisa lho, bergabung menjadi relawan. Untuk registrasi, langsung saja klik di sini.

Tertarik untuk menjadi pahlawan kebersihan selanjutnya? Kuy, ikutan!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here