Ivan Gunawan Dkk Angkat Kerancang Kudus Menjadi Busana Masa Kini

Ivan Gunawan Dkk Angkat Kerancang Kudus Menjadi Busana Masa Kini
https://www.instagram.com/indonesiafashionweekofficial

Desainer APPMI Jakarta yang terdiri dari Rudy Chandra, Ariy Arka, Defrico Audy dan Ivan Gunawan menerima ajakan khusus dari Bupati Kudus, H. Mustofa, Se. Mm, untuk ikut melestarikan dan mengembangkan kerajinan bordir kerancang Kudus. 

Seperti daerah lain yang memiliki warisan adati, Kudus juga memiliki seni kerajinan batik dan bordir. Bordir kerancang diciptakan dari jalinan bordir yang dilubangi dengan menggunakan gunting kecil dan menghasilkan motif bordir berlubang-lubang. Sejak dekade kedua abad ke-20 motif ini biasanya diterapkan pada kebaya encim, kemudian pada perangkat shalat saat semakin berkembangnya kebudayaan Islam.

Langkah pelestarian kerancang kudus dengan melibatkan empat perancang busana ini dalam bentuk menciptakan kreasi baru motif bordir kerancang dan pengembangannya.

Keempat perancang tersebut turun ke desa-desa dan masing-masing menghimpun satu kelompok pengrajin untuk ikut terlibat dalam menciptakan kreasi baru.

Kedepannya Ivan Gunawan Dkk akan melakukan pembinaan pada murid-murid SMK, agar pemuda pemudi itu dapat lebih siap untuk terjun ke masyarakat sebagai tenaga ahlu kerajinan kerancang dalam kegiatan intrakulikuler dan nantinya akan dirancang menjadi kurikulum.

Pada hari terakhir pagelaran Indonesia Fashion Week 2017, Savana Muria:The Authentic Kudus Embroidery yang mempersembahkan motif-motif dan gaya baru rancangan kerancang Kudus dalam gaya khas busana masa kini bernapaskan etnik modern.

Savana Muria menjadi tema yang diambil oleh keempat desainer berbeda gaya rancangan ini menggambarkan kehidupan flora  dan fauna di padang rumput yang luas, pesona alam gunung Muria di daerah Kudus, serta filosofi kehidupan alam dan penghuni di dalamnya.

Keep Breathing, Keep Inspiring 

Inspirator Freak 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here