Istirahatlah Kata-kata, Film Penyair Wiji Thukul Siap Tayang Di Bioskop Indonesia

Istirahatlah Kata-kata, Film Penyair Wiji Thukul Siap Tayang Di Bioskop Indonesia
Foto: Pojoksamber.com

Film yang mengangkat kisah penyair sekaligus aktivis Wiji Thukul, Istirahatlah Kata-Kata akan segera tayang di bioskop Indonesia pada 19 Januari 2017. Sebelumnya, film yang disutradari oleh Yosep Anggi Noen ini sudah hadir di berbagai festival film dunia diantaranya Locarno, Vladivostok, Hamburg, Manila, Busan, dan terakhir Nantes.

Di Indonesia, film yang dibintangi oleh Gunawan Maryanto ini menjadi pemenang kategori Film Panjang Non Bioskop Terbaik di ajang Apresiasi Film Indonesia 2016 dan nominasi Festival Film Indonesia 2016 untuk Sutradara Terbaik dan Penulis Skenario Asli Terbaik. Film Istirahatlah Kata-Kata adalah produksi kolaborasi Yayasan Muara, KawanKawan Film, Partisipasi Indonesia, dan LimaEnam Films.

Mengutip dari Rolling Stone, produser Yulia Evina Bhara mengatakan kalau film ini didedikasikan untuk generasi muda. “Generasi muda patut tahu, bahwa buku sejarah yang ada belumlah lengkap. Kita berkewajiban menuliskannya dan terus mengingatnya. Puisi-puisi Wiji Thukul adalah penanda jaman yang sangat nyata,” jelasnya. “Film ini adalah tentang memanusiakan manusia. Harapannya film ini bisa bertemu dengan sebanyak-banyaknya penonton Indonesia,” tutupnya penuh harap.

Film Istirahatlah Kata-Kata berkisah tentang Wiji Thukul, seorang penyair yang dikenal karena kelantangannya meneriakkan ketidakadilan di masa protes politik meningkat. Ketika kerusuhan Jakarta 1996, dia dan beberapa aktivis dituduh bertanggung jawab dan dikejar aparat keamanan. Dipaksa pergi, Wiji terbang ke Pontianak di mana dia bersembunyi selama delapan bulan, kadang bersama orang asing.

Di sana dia mengganti identitasnya beberapa kali, tapi masih juga menulis puisi dan cerita pendek. Sedangkan di Solo, istrinya Sipon tinggal bersama dua anak mereka di bawah pengawasan ketat. Pada Mei 1998, Wiji Thukul dianggap hilang, sebulan sebelum Suharto digulingkan oleh rakyatnya sendiri.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here