Yuk Intip Perkembangan Gedung Pencakar Langit di Jakarta

gedung pencakar langit

Pembangunan di Indonesia saat ini berlangsung semakin cepat. Ditambah dengan kemajuan teknologi yang mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya di DKI Jakarta yang menjadi pusat kegiatan Indonesia.

Saat ini, gedung pencakar langit lumrah kita jumpai apabila kita berkunjung ke kawasan Sudirman dan sekitarnya. Umumnya, gedung pencakar langit difungsikan untuk perkantoran. Namun, ada juga yang dioperasikan sebagai hotel dan apartemen seperti Raffles Hotel atau Ritz Carlton.

gedung pencakar langit
Gedung pencakar langit di Jakarta, dulu dan sekarang | Source: Brilio.net

Namun, apakah Inspirator tahu bahwa sebelumnya kota Jakarta merupakan pelabuhan yang berlokasi di muara Sungai Ciliwung? Posisi strategis tersebut membuat Jakarta sudah terkenal sebagai pusat perdagangan internasional, bahkan sebelum zaman penjajahan Portugis. Pembangunan di Jakarta sendiri dimulai dari zaman pemerintahan kolonial Hindia-Belanda yang saat itu masih dikenal dengan nama Batavia.

Namun banyaknya pencakar langit yang terus menerus tumbuh juga menenggelamkan cerita gedung lama. Gedung Sarinah misalnya, yag merupakan pusat perbelanjaan pertama di Indonesia. Dulu pusat perbelanjaan ini merupakan gedung tertinggi di Ibu kota. Namun sekarang, di Jalan Thamrin, Sarinah seolah mengecil bila dibandingkan dengan gedung di sekitarnya.

Wisma Nusantara, gedung pencakar langit pertama di Indonesia yang berdiri tahun 1967 | Source: wismanusantara.com

Bila berbincang mengenai gedung dan pencakar langit, Wisma Nusantara adalah gedung pencakar langit yang pertama kali dibangun di Jakarta, dengan tinggi mencapai 117 meter (30 lantai). Gedung ini mulai dibangun pada tahun 1964 dan selesai dibangun pada tahun 1967.

Namun tak lama kemudian, gedung ini “dikalahkan” oleh Graha Mandiri yang dibangun setinggi 143 meter (32 lantai). Gedung ini sempat menjadi gedung tertinggi di Jakarta sebelum gedung Wisma BNI 46 dibangun pada tahun 1996. Wisma BNI 46 ini memiliki 46 lantai yang digunakan sebagai pusat perkantoran. Menara ini berisi 23 elevator yang dapat mencapai kecepatan 360 mpm.

gedung pencakar langit
Gama Tower, memiliki tinggi 310 meter dengan 69 lantai merupakan gedung tertinggi di Indonesia saat ini | Source: skyscrapercenter.net

Namun, ketinggian Wisma 46 ini pun segara tumbang setelah Gama Tower berdiri. Gama Tower mulai resmi beroperasi pada 1 Agustus 2016 lalu. Gama Tower adalah sebuah pencakar langit dengan ketinggian arsitektural 288,6 meter dan pucuk 310 meter. Kini Gama Tower menjadi puncak tertinggi di Ibu Kota. Gama Tower berlokasi di Jalan HR. Rasuna Said, Jakarta. Gedung ini memiliki jumlah lantai sebanyak 69, dan mencakup perkantoran, hotel serta restoran mewah. Gama Tower juga menduduki peringkat ke 64 untuk gedung tertinggi se-Asia dan peringkat ke 126 sedunia! (AT)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here