Inspirasi Dari Lao Tzu–Mengenal Diri Sendiri Adalah Kekuatan Sejati

Jika beberapa waktu lalu Inspirator sudah membaca inspirasi dari Rumi, penyair Persia yang terkenal di seluruh dunia, kali ini InspiratorFreak mengajakmu mencari inspirasi dari Lao Tzu.

Lao Tzu, salah satu filsuf dan penyair paling terkenal dari Tiongkok kuno, meninggalkan banyak pelajaran berharga untuk jiwa kita. Lao Tzu terutama dikenal karena menulis buku Tao Te Ching dan menciptakan ajaran Tao. Lao Tzu juga terkenal dengan kebijaksanaannya yang mengagumkan, pesan-pesannya tentang perdamaian, dan ketekunan. Semua ajaran Lao Tzu ingin mengingatkan kita tentang apa yang benar-benar penting dalam hidup ini dan bagaimana kita bisa mengembangkan diri kita sebagai kesatuan. Meskipun dia tokoh sentral dalam kebudayaan China, kata-katanya bisa diterapkan untuk semua orang di seluruh dunia.

Ajaran Lao Tzu tentang mengenali diri sendiri

– Di inti keberadaanmu, engkau sudah memiliki jawabannya; engkau tahu siapa dirimu dan engkau tahu apa yang engkau inginkan.

– Mengenal orang lain adalah kecerdasan; mengenal diri sendiri adalah kebijaksanaan sejati.

– Menguasai orang lain adalah kekuatan; menguasai diri sendiri adalah kekuasaan sejati.

Photo credit: Goalcast

Ajaran Lao Tzu tentang ikhlas

– Dengan mengikhlaskan, semua hal terselesaikan. Dunia dimenangi oleh mereka yang mengikhlaskan.

– Jika engkau ingin menjadi utuh, biarkan dirimu menjadi hanya sebagian. Jika engkau ingin menjadi lurus, biarkan dirimu dibengkokkan. Jika engkau ingin menjadi penuh, biarkan dirimu dikosongkan. Jika engkau ingin dilahirkan kembali, biarkan dirimu mati. Jika kamu ingin kepadamu diberikan segalanya, berikan semua yang engkau miliki.

– Apakah engkau memiliki kesabaran untuk menunggu hingga “lumpurmu” mengendap dan airmu jernih kembali?

Photo credit: https://www.birthdaywishes.expert/lao-tzu-quotes/

Ajaran Lao Tzu tentang kebaikan dan kasih sayang

– Kebaikan dan kasih sayang pada orang lain akan senantiasa menang pada akhirnya, tidak peduli selama apa pun kejahatan berkuasa.

– Perlakukan orang baik dengan kebaikan, dan perlakukan juga orang tidak baik dengan kebaikan. Dengan begitu, kebaikan dapat terwujud.

– Berkata jujurlah pada orang jujur, dan berkata jujurlah juga pada orang tidak jujur. Dengan begitu, kejujuran dapat terwujud.

– Dicintai seseorang dengan mendalam memberimu kekuatan; mencintai seseorang dengan mendalam memberimu keberanian.

Ajaran Lao Tzu tentang menjadi diri sendiri

– Jika engkau selalu peduli tentang persetujuan dari orang lain, engkau menjadi tawanan mereka.

– Ketika engkau puas dengan hanya menjadi dirimu dan engkau tidak membandingkan atau berkompetisi, semua orang akan menghormatimu.

Ajaran Lao Tzu tentang kebijaksanaan dan kekuatan

– Kebijaksanaan dan kekuatan berasal dari kemampuan mempertahankan sikap rendah hati.

– Orang bijaksana adalah orang yang tahu apa yang dia tidak tahu.

– Semua air sungai mengalir ke laut karena laut lebih rendah daripada semua sungai. Kerendahan memberikan laut semua kekuasaan.

Ajaran Lao Tzu tentang perubahan

– Perubahan tidak terelakkan, jadi peluklah perubahan itu meskipun kelihatannya tidak nyaman.

– Jika engkau menyadari bahwa semua hal berubah, takkan ada yang berusaha engkau pegang terus. Jika engkau tidak takut mati, takkan ada yang tidak bisa engkau raih.

– Awal yang baru sering tersamarkan sebagai akhir yang menyakitkan.

Ajaran Lao Tzu tentang kepemimpinan

– Pemimpin hebat menyadari dia tidak berada di atas pengikutnya, melainkan dia juga salah satu dari mereka.

– Jika engkau ingin memimpin orang lain, engkau harus menempatkan dirimu di bawah mereka. Jika engkau ingin memimpin orang lain, engkau harus belajar bagaimana caranya mengikuti mereka.

Photo credit: storypick.com

Kebanyakan ajaran orang-orang bijak zaman kuno hanya bisa benar-benar kita pahami maknanya ketika kita membuka hati untuk menerima pengetahuan baru. Begitu juga inspirasi dari Lao Tzu, kamu hanya bisa mengambil manfaatnya jika kamu siap. Ambil inspirasi yang berkenan untukmu saat ini. Jangan lupa simpan tautan artikel ini supaya kamu gampang menemukannya jika suatu saat kamu membutuhkan inspirasi dari Lao Tzu.

Kamu sudah tersenyum hari ini, Inspirator? Jangan lupa untuk bahagia, ya.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here