Inovasi Pemeriksa Pembuluh Darah 3D, Bantu Membongkar Rahasia Otak Manusia

Inovasi Pemeriksa Pembuluh Darah 3D, Bantu Membongkar Rahasia Otak Manusia
Foto: Khademhosseini Lab

Demensia atau suatu gejala yang disebabkan oleh penyakit atau kelainan pada otak, menjadi kehawatiran bagi siapapun. Berdasarkan data WHO, jumlah penderita demensia di seluruh dunia diperkirakan akan naik dua kali lipat menjadi 65,7 miliar pada tahun 2030.

Mengatasi kondisi ini, para peneliti tak henti melakukan penelitian. Kabar terbaru yang dilansir dari National Geographic, para peneliti dari University of Surrey dan Federal University of Sao Paulo, mengembangkan sebuah inovasi teknik pemeriksaan dan pengukuran pembuluh darah yang ada di dalam otak menggunakan prosedur Analisa Gambar 3D (Stereology).

Hasil studi yang diterbitkan dalam Journal of Anatomy ini memberikan penjelasan kepada para ilmuwan bagaimana demensia, kanker otak dan stroke dapat memengaruhi pembuluh darah dan kapiler.

Sebelumnya, para ilmuwan tidak dapat mempelajari detil pembuluh darah yang dapat membentuk penyakit di otak. Berkat inovasi ini, ilmuwan dapat mengidentifikasi tanda-tanda peringatan dini dari penyakit sehingga dapat menyelamatkan nyawa pasien.

Setelah melakukan percobaan pada hewan, teknik ini akan diterapkan pada manusia. Teknik ini pun nanntinya dapat digunakan dalam otopsi dan pemeriksaan biopsi jaringan hewan dan manusia.

Hal ini memungkinkan para ilmuwan dan ahli patologi membuat analisa akurat. Selain itu, para ilmuwan juga dapat membuat gambar 3D yang membantu mengidentifikasi perubahan bentuk dan ukuran pembuluh darah, indikator penting dari sejumlah penyakit yang berhubungan dengan sirkulasi otak.

Metode inovatif ini juga akan memudahkan pemahaman yang lebih besar tentang bagaimana berolahraga dapat mempengaruhi otak. Para ilmuwan saat ini akan mampu memeriksa efek peredaran darah saat detak jantung menguat atau melemah, tekanan arteri pada otak dan penciptaan pembuluh baru (angiogenesis).

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here