Inilah Profil 3 Jenis Pesawat Udara yang Memeriahkan HUT TNI AU Ke-71

HUT TNI AU
Barisan Pesawat Udara TNI AU Siap Memeriahkan HUT TNI AU Ke-71

Seperti di tahun-tahun sebelumnya TNI AU merayakan hari jadinya di tangal 9 April. Pada tahun ini HUT TNI AU dimeriahkan oleh sejumlah atraksi pesawat di Landasan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta. Perayaan ini terbuka untuk umum dan tentunya dihadiri oleh sejumlah pejabat kenegaraan dan para pimpinan TNI AU beserta pasukannya.

Seperti yang kita ketahui, TNI AU memiliki beragam jenis pesawat yang diperuntukkan bagi kepentingan pengamanan wilayah Republik Indonesia. Mulai dari pesawat tempur, pesawat angkut atau berpenumpang, hingga helikopter. Pada perayaan HUT TNI AU, beberapa pesawat udara akan digunakan untuk atraksi yang bertujuan untuk menunjukkan eksistensi dan kemahiran anggota TNI AU dalam menerbangkan pesawat.

Selain itu, masyarakat juga mendapatkan gambaran mengenai pekerjaan bidan militer khususnya angkatan udara. Inilah 3 jenis pesawat udara yang akan digunakan sebagai atraksi untuk memeriahkan HUT TNI AU Ke-71 di Jakarta:

Pesawat Tempur

 

Sumber: angkasa.co.id

Pesawat tempur merupakan salah satu pesawat andalan dan merupakan ciri khas utama TNI AU. Beberapa pesawat yang digunakan dalam HUT TNI AU adalah Sukhoi, F-16, Super Tucano, Hawk 100/200 dan T-50. Pesawat tempur yang mungkin pernah Inspirator dengar adalah pesawat tempur Sukhoi. Sebenarnya, Sukhoi adalah pesawat tempur milik Rusia.

Saat ini Indonesia masih mengoperasikan Sukhoi Su-27, sementara Su-35 yang merupakan pesawat tempur keluaran terbaru dari Sukhoi diperkirakan akan tiba menjadi miliki TNI AU Indonesia pada tahun 2018. Kecanggihan pesawat Sukhoi sudah tidak diragukan lagi. Dengan dilengkapi persenjataan yang canggih, kelincahan yang mantap, dan memiliki jarak jangkau yang jauh sudah pasti pesawat tempur ini prioritas TNI AU. Keren banget!

Pesawat Angkut

Sumber: jakartagreater.com

Kalau kita sering menaiki pesawat angkut atau berpenumpang seperti pesawat udara komersil pasti sudah tahu dong bentuknya? Ya, pesawat yang juga turut meramaikan atraksi HUT TNI adalah pesawat Boeing. Tidak hanya Boeing 737, juga aka nada pesawat lain seperti CN-235, F-28 dan C-130. Salah satu pesawat angkut yang keren miliki TNI AU adalah C-130 Hercules, dimana pesawat ini digunakan sebagai pesawat angkut pasukan militer. Pesawat ini dilengkapi dengan mesin turboprop.

Kerennya lagi, pesawat ini mampu terbang dengan landasan yang pendek dan tidak disiapkan. Saat ini pesawat C-130 Hercules tidak hanya digunakan sebagai pesawat angkut, tapi juga digunakan sebagai ambulans udara, pengamatan cuaca, hingga pemadam kebakaran udara. Inspirator tertarik untuk naik pesawat ini?

Helikopter

Sumber: airplane-modelkit.blogspot.com

Selain pesawat juga ada helikopter yang turut menampilkan atraksi dalam HUT TNI AU. Ada beberapa helikopter yang akan unjuk kebolehan, di antaranya adalah SA-330, C-725, EC-120 dan NAS-332. Salah satu helikopter milik TNI AU yang luar biasa adalah EC-120 Colibri. Helikopter ini mampu menampung hingga 5 orang yang terdiri dari (1-2 pilot) dan 4 orang penumpang. Dengan kecepatan hingga 278 km/jam, helikopter ini sudah tidak perlu diragukan lagi keunggulannya. Maka dari itu pada tahun 2012 bertepatan dengan HUT TNI yang ke-66 dibentuklah suatu tim bernama Dynamic Pegasus oleh Skadron Udra 7 yang mengoperasikan helikopter C-120 Colibri. Salut deh!

Itulah ketiga jenis pesawat udara milik TNI AU yang menampilkan atraksi yang menarik sekaligus spektakuler pada tanggal 9 April 2017. Selain atraksi pesawat, juga akan ada atraksi dari anggota TNI AU khususnya pasukan terjun payung. Seluruh persiapan menyambut HUT TNI AU telah dilakukan beberapa bulan sebelumnya dan tentu para anggota TNI AU yang bersemangat merayakan hari jadinya ini pun terus berlatih.

Selamat HUT TNI AU ke-71! Jayalah selalu Sayap Pelindung Tanah Airku! (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here