Inilah Kebiasaan Sehari-Hari Dan Sedehana Para Guru Bangsa

Inilah Kebiasaan Sehari-Hari Dan Sedehana Para Guru Bangsa

Halo, Inspirators! Kali ini Inspirator Freak akan berbagi review buku karya Agus Nur Cahyo yang sangat inspiratif. Buku berjudul  Kebiasaan Sehari-Hari Para Guru Bangsa ini mengupas sisi lain para guru bangsa yang sederhana namun bermakna istimewa. Berikut rangkuman inspiratifnya.

Menyusup ditengah rakyat – Soekarno

Jauh sebelum blusukan di kenal di era kepemimpinan Jokowi,  bung Karno lebih dulu blusukan. Bung Karno kerap menyamar dan mengubah kebiasaan penampilannya. Tempat yang paling sering dikunjungi adalah pasar rakyat. Suasana dengan bau yang tidak wajar dan berdesakan dengan kerumunan orang adalah suatu hal yang disukai oleh Soekarno. Dalam penyamarannya, Soekarno lebih sering sendiri tanpa pengawal. Hal tersebut akan memberinya informasi tentang yang terjadi di sekelilingnya sehingga mempengaruhi cara berpikir dan bertindak demi kesejahteraan masyarakat.

Membaca Buku – Mohammad Hatta

Buku adalah salah satu hal yang paling dicintai Hatta selain Indonesia, rakyat Indonesia dan Rahmi Hatta. Hari-harinya selalu dilewati dengan membaca buku. Bahkan ketika diasingkan oleh Belanda, dari sekian koper yang dia bawa hampir semuanya berisi buku. Saat menikah, buku karangannya berjudul Alam Pikiran Yunani menjadi mas kawin pernikahannya. Menurutnya buku adalah gerbang menuju kecerdasan.

 Hidup Sederhana – Haji Agus Salim

“Memimpin adalah menderita, bukan menumpuk harta”. Kalimat ini disampaikan ketika Haji agus Salim memberikan ceramahnya di hadapan Soekarno, Sjahrir dan Soeharto. Tak sekadar ucapan, semasa menjabat Menteri Luar Negeri Agus Salim tinggal di dalam gang sempit di Jatinegara bersama keluarganya. Bahkan Ia pernah berjualan minyak tanah untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Budaya Hidup Hemat – Ki Hajar Dewantara

Dikenal sebagai bapak pendidikan nasional, kesahajaan hidup ki hajar dewantara patut dijadikan teladan. Salah satunya budaya hemat. Menurut ki hajar dewantara, hidup yang melampaui batas kemmapuan usahanya akan membawa orang terlibat utang yang membelenggu dirinya. Dengan demikian, hilanglah sudah kemerdekaannya karena hidup sudah dikuasai oleh orang lain.

Itu dia Inspirator, beberapa guru bangsa yang menjalani kehidupannya dengan  sederhana dan bermakna. Tak hanya mereka saja, masih banyak guru bangsa lainnya yang dikisahkan dalam buku ini, seperti Jenderal Sudirman, Siauw Giok Tjhan, S.K. Trimurti dll, yang sangat menginspirasi.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here