Inilah 5 tips traveling ramah lingkungan
Ilustrasi

Tak hanya berfungsi melepas kepenatan terhadap rutinitas, selain menyenangkan, traveling juga dapat menambah berbagai banyak pengalaman di dalam hidup lho Inspirator! Namun, traveling akan lebih berharga ketika kita juga turut serta menjaga dan membantu melestarikan lingkungan. Iyaa kan Inspirator? Nah, untuk mendapatkan berbagai manfaat traveling tanpa mengurangi keikutsertaan kita terhadap pelestarian lingkungan, ini dia 5 tips traveling yang ramah lingkungan lho!

1. Jangan Berkemah atau Mendaki di Daerah yang Terlarang

tips traveling ramah lingkungan
Ilustrasi | Sumber: www.seminarkit-bandung.com
Pemerintah daerah di beberapa negara memberikan jalur khusus untuk hiking dan trekking bagi wisatawan. Namun, pada kenyataannya tak sedikit yang melanggar batas dari daerah yang disediakan. Padahal, ini dapat membahayakan lingkungan, khususnya daerah yang ditanami tanaman.

2. Gunakan Layanan Secara Bijak

tips traveling gunakan layanan secara bijak di tempat kamu menginap
Ilustrasi | Sumber: www.baomoi.com
Sadarkah kamu, kadang kita sering menyalahgunakan fasilitas yang ada, seperti lampu, AC, televisi, dan fasilitas lainnya ketika menginap di hotel atau tempat-tempat penginapan. Meski sudah membayar sewa, namun lebih bijaksana jika kita tidak membuang sumber daya tersebut dengan sia-sia.

3. Gunakan Transportasi Umum

Gunakanlah transpotasi umum ketika di tempat wisatamu
Ilustrasi | Sumber: irynamoroz.org.ua
Pastikan untuk menggunakan angkutan umum selama di tempat tujuan, ketika melakukan perjalanan liburan atau traveling. Selain menghemat bahan bakar, hal ini tentunya juga menghemat uang. Coba kamu bayangkan, jika semua wisatawan menggunakan metode ini, tentu lingkungan dan udara akan lebih terjaga dari polusi bukan?

4. Gunakan Hak Akses Layanan Kamar Secara Bijak

Gunakanlah juga fasilitas kamar tempat kamu menginap secara bijak
Ilustrasi | Sumber: www.theindianpage.in
Pelayanan tempat menginap kadang memang mengutamakan kenyamanan kita. Namun, coba kamu perhatikan jika handuk, seprai, dan selimut kamar di penginapan kita tidak perlu diganti setiap hari karena masih bersih. Tentu banyak energi yang bisa dihemat untuk hal ini.

5. Bantu Melindungi Satwa Liar

tips traveling bantu melindungi satwa liar
Ilustrasi | Sumber: www.dw.com
Jangan pernah membeli hewan dari spesies yang terancam punah saat berkunjung ke suatu tempat. Karena hal ini adalah tindakan ilegal. Selain itu, kita juga harus ikut mendukung berbagai upaya dan tindakan pelestarian satwa liar. Serta tidak melakukan tindakan yang membahayakan hewan lokal dalam bentuk apapun. Termasuk memberikan mereka makanan yang bukan makanan seharusnya. Ayo traveling, tapi jangan lupa ya untuk tetap ramah lingkungan, Inspirator!   Keep Breathing Keep Inspiring! Penulis : Fajar Nugraha Editor   : Siti Ayu Handayani Inspirator Freak Twitter : @InspiratorFreak Facebook : facebook.com/InspiratorFreak Instagram : @inspiratorfreak Web : www.inspiratorfreak.com LINE : @inspiratorfreak (menggunakan @)

SHARE
Previous articleTirtanium 2016 – Stand Up Comedy and Music Creative Competition
Next articleBahan Tak Biasa Ini Menjadi Karya Seni Luar Biasa

LEAVE A REPLY