Ini Sumpah Para Pemuda Di Masa Lalu, Bagaimana Sumpah Pemuda Masa Kini?

Ini Sumpah Para Pemuda Di Masa Lalu, Bagaimana Sumpah Pemuda Masa Kini?
Foto: Smeaker.com
“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”. – Soekarno

Quote dari Bung Karno diatas merefleksikan bagaimana besarnya peran pemuda dalam menciptakan sebuah perubahan. Salah satu perubahan besar yang dilakukan pemuda Indonesia adalah Sumpah Pemuda.

Sejak berdirinya perkumpulan Boedi Oetomo (1908), pergerakan pemuda tanah air terus bermunculan.  Sejumlah perkumpulan pemuda lahir di berbagai daerah seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Celebes,  Sekar Rukun, Jong Ambon dan beberapa organisasi berlandaskan kebangsaan seperti Perhimpunan Indonesia, Pemuda Indonesia dan Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia.

Perhimpunan Pelajar-pelajar Indonesia kemudian mencetuskan gagasan untuk mempersatukan organisasi – organisasi pemuda dalam satu wadah. Pada tahun 1926 dimulai kongres pemuda yang pertama dan menghasilkan 2 keputusan. Salah satunya, Indonesia merdeka harus menjadi cita-cita seluruh pemuda Indonesia.

Kongres Pemuda dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 dan dihadiri oleh semua perwakilan organisasi. Dari Kongres Pemuda kedua inilah lahir rumusan Sumpah Pemuda yang saat ini Inspirator kenal.

  • Pertama:

Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia

  • Kedua:

Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia

  • Ketiga

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia

Itu dia Inspirator, sumpah para pemuda di masa lalu yang membawa dampak yang sangat besar bagi Indonesia. Latar belakang suku, bahasa dan pendidikan yang berbeda justru menyatukan mereka demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Bagaimana dengan sumpahmu sebagai pemuda masa kini?

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Pemuda Indonesia!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Penulis : Ifa Ikah

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here