Ini Lho, 5 Tips Mengatur Keuangan Ala Mahasiswa

Jadi mahasiswa harus pintar mengatur keuangan. Sebisa mungkin kamu harus mencari akal bagaimana caranya uang pemberian orangtua cukup untuk keperluan kuliah, syukur kalau nanti ada sisa uang untuk ditabung. Oke, Inspirator, tidak perlu basa-basi, ini tips hemat ala mahasiswa.

Jangan lapar mata

Foto: Tribunstyle

Biasanya, di Instagram atau marketplace ada saja barang-barang yang kelihatannya lucu untuk kita dibeli. Ingat untuk berhemat, Inspirator, dulukan kebutuhan dan kepentingan daripada keinginan.

Beli buku murah

Foto: Google Internet

Buku memang penting banget buat mahasiswa, tapi sebisa mungkin beli buku yang murah saja, Inspirator. Tidak perlu baru dan mulus, asalkan isinya masih bisa dipelajari. Banyak kok, buku murah layak pakai di Pasar Senen.

Jangan boros kuota internet

Source google

Ayo ngaku, sering kan, kamu kebablasan menghabiskan kuota Internet karena keasyikan browsing segala macam? Cara mengantisipasinya, kamu harus mengatur jam berapa saja kalian online dalam sehari, dan tentu saja harus disiplin menepati jadwal yang kamu buat sendiri.

Jangan sering nongkrong

Source google

Kalau kamu sering nongkrong di resto atau cafe, otomatis kamu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli minuman dan/atau makanan. Maka dari itu, hindari sering nongkrong ya, Inspirator. Jangan sampai uang bulananmu tanggal lima belas sudah “koma”.

Jangan banyak jajan

Source google

Bisa makan tiga kali sehari, asalkan bikin kamu kenyang dan sehat, sudah cukup lho, Inspirator. Alihkan perhatianmu kalau ada jajanan yang menggoda perutmu supaya kamu tidak mengeluarkan uang untuk hal yang kurang penting. Ingat nabung.

Itulah beberapa tips mengatur keuangan ala mahasiswa dari InspiratorFreak. Kalau kamu, bagaimana cara kamu mengatur keuanganmu?

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here