Ini Dia 5 Tips Mendapatkan Beasiswa!

Tips Mendapatkan Beasiswa | Foto: https://www.debt.org/students/
Foto: https://www.debt.org/students/

Jika selama ini kamu memiliki mimpi untuk mendapatkan beasiswa, sebaiknya kamu baca artikel ini sampai habis, Inspirator. Walaupun saat ini bertebaran banyak beasiswa, tapi peminatnya pun tidak sedikit. Oleh karena itu, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan ketika mendaftar untuk program beasiswa. Ini dia lima tips mendapatkan beasiswa yang bisa Inspirator ikuti.

1. Pilih beasiswa yang kamu inginkan

Image result for student choose
Foto: https://www.jodymichael.com/

Sebelum memutuskan mendaftar di suatu program beasiswa, lakukan riset mengenai beasiswa-beasiswa yang ada. Misalnya, lembaga apa yang mengadakan, programnya ditujukan untuk jurusan apa, seperti apa program beasiswanya, dan sebagainya. Hal ini penting untuk kamu lakukan supaya ketika menjalani wawancara, kamu sudah memiliki pengetahuan mengenai beasiswa yang kamu daftarkan sehingga kamu tidak bingung ketika menjawab pertanyaan dari pihak pemberi beasisea.

2. Perhatikan persyaratan yang harus dipenuhi

Related image
Foto: http://jakwyslac.pl/

Setelah memilih beasiswa yang kamu inginkan, cek persyaratan yang diajukan pemberi beasiswa. Biasanya, institusi akan memintamu menyertakan sertifikat TOEFL/IELTS dengan minimal skor tertentu, surat keterangan tidak merokok, dan tidak jarang di antara mereka memintamu untuk membuat esai mengenai topik tertentu. Tolong perhatikan persyaratan yang harus Inspirator penuhi ketika mendaftar beasiswa ya, supaya kamu tidak gugur dalam proses seleksi berkas.

3. Buat CV-mu standout

Related image
Foto: https://www.bbva.com/

Aspek ini bukan berarti kamu harus memberikan banyak warna di CV-mu, Inspirator, melainkan kamu harus aktif membuat prestasi, baik di bidang akademis maupun nonakademis. Masukkan informasi mengenai kegiatan-kegiatanmu yang positif dan kapan kegiatan itu berlangsung. Jangan lupa menyertakan biodata dirimu ke dalam CV agar pihak penerima beasiswa bisa dengan mudah menghungimu.

4. Daftarkan dirimu sedini mungkin

Image result for apply
Foto: http://www.scim.si/

Dengan mendaftarkan dirimu pada masa awal pendaftaran, pihak institusi akan memiliki waktu lebih lama untuk mempertimbangkan kesempatan untukmu. Apalagi mengingat setiap beasiswa memiliki batasan kuota. Jika mendaftar beasiswa sejak awal, kamu tidak akan memiliki saingan sebanyak mereka yang mendaftar di akhir, lho.

5. Jangan mudah menyerah

Image result for keep trying
Foto: http://pluspng.com/

Kamu tidak perlu rendah diri ketika mendaftar untuk beasiswa. Percaya diri dan banyaklah berusaha. Akan lebih baik jika kamu mendaftar di banyak beasiswa sekaligus, sehingga kesempatanmu untuk mendapatkan beasiswa semakin besar. Jika kamu gagal, tenang saja, there are lots of fishes in the sea!

Nah, itu dia lima tips mendapatkan beasiswa. Jangan lupa catat semua tipsnya dan terapkan seluruhnya ya, Inspirator!

Jika kamu tertarik untuk mendaftar beasiswa LPDP, buruan cek syarat dan ketentuannya di sini. Atau ingin mencoba daftar di beberapa program beasiswa sekaligus? Sila cek di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here