Ini Dia Startup yang Berencana IPO di 2017

Founder Spotify
Founder Spotify Daniel Ek & Martin Lorentzon (TheNextWeb)

Gelombang membuat usaha rintisan atau startup di bidang digital tidak kunjung surut. Banyak yang gagal, namun juga tidak sedikit yang berhasil bahkan hingga Initial Public Offering atau IPO. Banyak pihak yang memprediksi akan ada beberapa startup yang akan melakukan penawaran saham perdana ke Publik pada 2017. Hal ini jelas menjadi sebuah keuntungan bagi startup, IPO akan turut meningkatkan merek mendorong pemasaran, hingga kredibilitas perusahaan.

Dilansir dari Business Insider pada Selasa, 3 Januari 2017, ada beberapa startup yang sudah siap untuk melantai di bursa saham, tapi ada juga yang saat ini tengah atau berpotensi untuk menyandang status IPO perdana pada tahun ini.

Salah satu aplikasi ternama yakni Snapchat atau yang sekarang bernama Snap Inc, sangat mungkin untuk melakukan IPO pada awal 2017, karena sejak tahun lalu arah menuju pelepasan saham perdana ke publik telah dilakukan oleh pihak Snap Inc. Pada November lalu, Snap Inc secara rahasia mengajukan dokumen untuk IPO, sehingga bisa go public pada Maret 2017.

Begitu juga dengan AppDynamics. Startup ini telah mengajukan IPO pada 28 Desember 2016 yang lalu dan diharapkan dapat terealisasi pada 2017. AppDynamics adalah sebuah aplikasi yang menyediakan informasi dan memperbaiki masalah yang dihadapi pelanggan mereka mengenai aplikasi.

Business Insider juga memaparkan, usaha rintisan HotelTonight, Spotify, Cualtrics, Cloudera, hingga Dropbox berada pada posisi yang memungkinan untuk melakukan terjun IPO pada tahun ini.

“Kami berada di ukuran dan skala hari ini untuk menjadi perusahaan publik yang sukses. Kami beroperasi cukup baik untuk menjadi perusahaan publik yang dikelola dengan tepat. Ini bukan hanya soal pasar, tapi kita ingin masuk ke perusahaan publik sekarang juga,” ucap Chief Executive Officer Cloudera, Tom Reilly kepada Forbes.

Selain itu, layanan streaming musik yang populer, Spotify, dikabarkan telah lama berupaya untuk menjadi perusahaan publik. Dari berbagai laporan yang beredar, Spotify berencana untuk IPO pada paruh kedua 2017.

Hal ini tentunya bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi startup asal Indonesia agar bisa fokus mengembangkan usahanya dan dapat juga melakukan IPO ke lantai bursa saham.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here