Cek Yuk, 5 Usaha yang Bisa Dikerjakan di Rumah!

Ini Dia 5 Usaha yang Bisa Dikerjakan di Rumah | Foto: https://smallbiztrends.com/
Ini Dia 5 Usaha yang Bisa Dikerjakan di Rumah | Foto: https://smallbiztrends.com/

Mungkin saat ini kamu sedang bersekolah, berkuliah, atau bekerja tapi ingin menghasilkan uang sendiri tanpa bergantung pada orangtua, dan kamu merasa memiliki waktu luang dan kemampuan yang bisa kamu manfaatkan. Jika begitu, kamu bisa mencoba membuat usaha sendiri di rumah yang tidak akan menghabiskan banyak waktumu. Di bawah ini ada contoh lima usaha yang bisa kamu kerjakan di rumah.

  1. Menjadi freelancer

    Related image
    Foto: http://www.expansion.com/

    Saat ini, banyak sekali pilihan pekerjaan freelance yang bisa kamu lakukan. Mulai dari penulis lepas, freelance di bidang pemasaran, hingga sebagai peng-input data. Jika kamu ingin menjadi freelancer, kamu bisa mencari lowongannya di situs-situs seperti Loker.id, Sribulancer, Jobstreet, dan sebagainya.

  2. Jasa les privat

    Image result for private teaching
    Foto: https://www.thoughtco.com/

    Jika kamu berkuliah di jurusan tertentu da menguasai materinya atau masih ingat pelajaran-pelajaran zaman kamu sekolah dulu, kamu bisa coba menjadi guru les privat dengan menjadikan rumahmu sebagai tempat belajar-mengajar. Dengan menjadi guru privat matematika, kursus musik, atau kursus menulis, dijamin bisa menambah uang sakumu.

3. Jasa desain

Related image
Foto: http://design-oman.com/

Jika kamu suka menggambar, melukis, atau mendesain secara digital, pekerjaan ini sangat cocok untukmu. Kamu pasti melakukannya sepenuh hati karena kamu suka berkreativitas. Kamu bahkan tidak perlu memiliki modal besar atau keluar rumah untuk bertemu orang, cukup menggambar di kertas, aplikasi, atau kanvas, karyamu bisa selesai. Jadi, jangan mau kalau temanmu minta dibuatkan desain tanpa membayar, ya. Ide itu mahal, lho.

4. Bisnis online shop

Image result for online shop
Foto: http://www.truthmedia.gr/

Tanpa memiliki offline store, kamu bisa menjadikan rumahmu sebagai tempat menyimpan barang-barang daganganmu, seperti baju atau sepatu. Jika ada orang yang memesan, kamu hanya perlu mengemasnya dengan aman dan mengirimkannya dengan menggunakan jasa ekspedisi. Mudah sekali, bukan?

5. Bisnis kuliner

Related image
Foto: https://www.rd.com/

Merasa masakanmu enak dan harus dicoba orang lain? Mulai saja bisnis kuliner! Daripada hanya merasakan kenikmatan masakanmu sendiri, pasti lebih baik disalurkan menjadi bisnis yang menghasilkan uang. Kalau banyak orang menyukai masakanmu, usahamu bisa berkembang semakin besar, Inspirator.

Dari lima bidang usaha yang bisa dikerjakan di rumah, Inspirator tertarik dengan ide yang mana, nih? Apa pun pilihanmu, semoga usahamu sukses dan bermanfaat bagi banyak orang, ya!

Kalau kamu memilih jadi freelancer, jangan lupa mengelola keuanganmu dengan bijak. InspiratorFreak punya kiatnya di sini.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here