Ternyata Seperti Ini Bentuk Asli Tanaman yang Biji atau Buahnya Sering Kita Makan

Beberapa jenis kacang, rempah dapur, buah, atau bahan penyegar seperti kacang mede, kopi, dan cokelat sudah sangat akrab dengan keseharian banyak orang. Tetapi, tahukah kamu seperti apa bentuk asli tanaman yang buah atau bijinya sering kita makan ini? Kamu pasti tidak menyangka kalau tanaman buah kiwi ternyata merambat, atau vanila ternyata berasal dari… Ingin tahu jawabannya?

Mari simak artikel ini sampai habis.

Kacang mede

Photo credit: Providr

Coba perhatikan gambar di atas, Inspirator. Lucu, ya? Kamu mungkin berpikir, “Lho, itu bukannya jambu monyet?” Benar. Dan tonjolan kecil yang mencuat dari buahnya adalah kacang mede (atau dikenal juga dengan sebutan kacang mente). Tanaman tropis yang tumbuh sepanjang tahun ini berasal dari Brasil.

Secara botani, tumbuhan ini bukan anggota jambu-jambuan (Myrtaceae) maupun kacang-kacangan (Fabaceae), melainkan justru lebih dekat kekerabatannya dengan mangga (suku Anacardiaceae). Lebih unik lagi, ternyata buah jambu monyet bisa digunakan untuk membuat minuman buah yang manis, bahkan minuman beralkohol.

Kopi

Photo credit: Providr

Menurut legenda, masyarakat Oromo di Kaffa, Etiopia, dipercaya menjadi yang pertama mengenali efek kafein dalam tanaman kopi, meskipun ini masih perlu dibuktikan. Kopi berasal dari buah tanaman kopi, yang bijinya terbungkus di daging buah.

Dalam pemanfaatannya, bagian tanaman yang digunakan adalah bijinya. Biji ini diolah sehingga nantinya bisa dikonsumsi langsung oleh manusia sebagai minuman. Bentuk olahan kopi biasanya bubuk halus maupun kasar supaya memudahkan untuk dijual atau diekspor.

Cokelat

Photo credit: Providr

Cokelat yang kita kenal untuk dikonsumsi selama ini bukan daging buahnya, melainkan bijinya. Proses pengolahan biji kakao hingga menjadi cokelat yang dijual di supermarket sangat panjang dan kompleks, jadi cukup kamu tahu seperti apa bentuk asli biji cokelat. Beda banget dengan cokelat batangan favoritmu, bukan?

Buah kiwi

Photo credit: Providr

Bentuk asli tanaman kiwi ternyata merambat seperti anggur. Kiwi bukan tanaman asli Indonesia, melainkan buah asli di kebanyakan wilayah di China, dan nama populernya “Chinese Gooseberry“. Sekarang tanaman kiwi untuk kepentingan komersil sudah banyak ditanam di Italia, Selandia Baru, Prancis, dan Indonesia.

Vanila

Photo credit: Providr

Salah satu aroma yang paling banyak dipakai di industri makanan dan minuman ini ternyata berasal dari tanaman anggrek yang berbunga. Spesies asli tanaman ini diduga berasal dari bangsa Totonac pertama di Meksiko, yang dikatakan adalah bangsa pertama yang menanamnya. Ketika bangsa Aztec mengambil alih kebudayaan Totonac, mereka menyukai citarasa tanaman ini dan menyebutnya “bunga hitam”, karena tanaman ini berubah hitam sesaat setelah diolah.

Beberapa bentuk asli tanaman ini sungguh berbeda dengan bayangan kita ya, Inspirator. Alam semesta memang selalu penuh kejutan. Kejutan lainnya antara lain ada tujuh tanaman yang cantik-cantik mematikan.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here