Inginkan Generasi Muda Kreatif, Presiden Jokowi Minta SMK dan Universitas Kembangkan Jurusan Vlog dan Animasi

Presiden Jokowi | Sumber: Harian Nasional

Ekonomi kreatif merupakan salah satu kegiatan ekonomi yang saat ini populer di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia sendiri yang saat ini sedang gencar-gencarnya menggenjot industri ekonomi kreatif dalam negeri. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo meminta agar institusi pendidikan seperti SMK maupun perguruan tinggi untuk mengembangkan peminatan jurusan sesuai dengan perkembangan zaman agar generasi muda Indonesia mampu bersaing dengan kreatif.

“Saya lihat, jurusan-jurusan yang ada sama saja di universitas. Mohon maaf kalau di SMK saya lihat jurusannya dari saya kecil misalnya jurusan mesin, jurusan bangunan, jurusan listrik. Ya itu-itu saja saya lihat. Padahal dunia sudah berubah cepat sekali,” kata Jokowi seperti dikutip dari Detik.com dalam pembukaan Konferensi Forum Rektor Indonesia 2017, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/2/2017).

Jokowi menyatakan bahwa, pengembangan peminatan jurusan dalam dunia pendidikan Indonesia khususnya di SMK dan Universitas merupakan sebuah cara untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia penerus bangsa. Tidak tanggung-tanggung, beberapa jurusan yang diinginkan oleh Jokowi terkait dengan video blog atau vlog yang saat ini menjadi tren dan terus berkembang, serta animasi.

“Mestinya jurusannya misalnya jurusan mengenai jaringan IT, misalnya membuat video blog, kan gitu dong, jurusan membuat aplikasi-aplikasi, jurusan animasi misalnya, yang ‘in’ gitu,” kata Jokowi.

Bagi Jokowi, perlu kepekaan menangkap hal-hal yang  sedang banyak diperhatikan masyarakat akhir-akhir ini, termasuk dalam inovasi di dunia pendidikan. Tak hanya dalam tataran SMK, dalam tataran universitas, Jokowi meminta perguruan tinggi untuk lebih inovatif.

“Di Universitas juga misalnya harus mulai mengubah hal-hal yang berkaitan dengan jurusan. Kenapa tidak ada jurusan logistik yang sangat dibutuhkan sekarang ini, jurusan retail, jurusan khusus mengenai toko online (e-commerce),” tutur Jokowi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here