Ingin Hemat? Ini 4 Tips Mengatur Keuangan Ala Anak Kos

Yang namanya anak kos harus tahu bagaimana cara mengatur keuangan, apalagi kalau kamu mahasiswa, bahkan harus hemat pake banget, supaya uang pemberian orangtua cukup sampai akhir bulan. Kalau kamu bingung bagaimana cara mengatur keuangan ala anak kos, langsung saja ini tips mengatur keuangan untuk kamu dari InspiratorFreak.

1. Buat catatan pengeluaran

Jurnalblog

Mungkin jarang ada orang yang ingat bahwa kita harus memiliki catatan tentang apa saja yang kita beli. Buatlah catatan yang teliti tentang berapa uang yang kamu habiskan dan untuk keperluan apa saja, supaya ke depannya bisa kita pelajari untuk berhemat.

2. Mandiri

Source google

Mandiri itu misalnya mencuci baju sendiri. Di sekitar tempat kos biasanya banyak laundry. Nah, kamu kan cuma mencuci bajumu, biasakan mencuci sendiri ya, Inspirator.

3. Menyisihkan uang

Source google

Terkait poin pertama, kita membuat catatan pengeluaran tujuan lainnya supaya kita bisa menabung. Lumayan, kalau ada keperluan mendadak kita bisa mengambil uang dari tabungan tanpa perlu meminjam ke tetangga atau teman.

4. Jangan tergoda diskon

Source google

Banyak orang mudah tergiur harga diskon, sehingga kebablasan belanja dan akhirnya malah membeli barang yang tidak kita butuhkan. Ingat selalu untuk mengutamakan kebutuhan utama dulu supaya uang bulananmu jangan sampai tanggal lima belas sudah koma.

Semoga tips dari kami membantu ya, Inspirator. Kamu punya tips lain? Jangan sungkan meninggalkan tips kamu di kolom komentar.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here