Indonesia Punya Bunga Langka Berharga Ratusan Juta, Lho!

Photo: intisari.grid.id

Indonesia memiliki berbagai jenis tanaman yang indah dan menarik. Misalnya, setiap daerah memiliki tanaman bunga khas yang berbeda-beda dan unik. Kalau berbicara tentang bunga, yang menjadi daya tarik biasanya keanekaragaman warna-warni bunganya. Siapa pun pasti kagum ketika melihat kelopak bunga yang sedang mekar.

Tetapi, kalau bunga suatu tanaman warnanya hitam legam, apakah kamu akan tetap kagum dan tertarik untuk melihatnya?

Anggrek hitam yang langka

Berbeda dengan bunga-bunga pada umumnya yang memiliki warna cerah, anggrek hitam (Coelogyne pandurata) memilik bunga yang didominasi warna hitam. Kamu hanya bisa menemukan bunga ini di Provinsi Kalimantan Timur dan Papua. Meskipun namanya sama, anggrek hitam di Kalimantan dan Papua memiliki perbedaan cukup mencolok.

Photo: greener.co | anggrek hitam Kalimantan Timur

Anggrek hitam yang menjadi maskot Provinsi Kalimantan Timur punya helaian bunga yang diselimuti warna hijau muda yang tampak menyegarkan. Jadi, meskipun namanya anggrek hitam, ternyata warnanya tidak sepenuhnya hitam lho, Inspirator.

Photo: intisari.grid.id | anggrek hitam Papua

Beda lagi dengan anggrek hitam dari Papua yang kelopak bunga bagian dalam dan luar didominasi warna hitam legam dan memiliki putik berwarna cerah. Anggrek hitam Papua tidak mudah dikembangbiakkan lagi karena habitat aslinya yang mulai beralih fungsi. Memang, anggrek hitam Papua hanya bisa dikembangbiakkan di lingkungan yang mirip habitat aslinya.

Dilindungi undang-undang

Anggrek hitam Kalimantan Timur dan Papua ternyata sudah mendunia lho, Inspirator. Keduanya termasuk tanaman yang terkenal langka dan hampir punah. Maka dari itu, pemerintah Indonesia melindungi dua tanaman ini dengan undang-undang Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 terkait pelindungan dan larangan perdagangan anggrek hitam.

Karena sudah langka, kamu yang tertarik untuk mengoleksi sepertinya harus berpikir ulang, karena bibit tanaman ini cukup sulit untuk dikembangbiakkan. Peluang keberhasilannya hanya 20-30 persen. Jadi, tidak heran ya, kalau anggrek hitam ini masuk kategori langka.

Punya harga fantastis

Meskipun tidak memiliki bunga berwarna cerah dan cantik seperti tanaman lainnya, anggrek hitam banyak dicari kolektor tanaman hias. Harga yang ditawarkan pun tidak murah. Satu tanaman anggrek hitam bisa mencapai 100 juta rupiah. Wah, sudah seharga satu mobil!

Nah, Indonesia memang kaya dengan keanekaragaman tanaman ya, Inspirator. Bangganya! Kalau kamu mendapatkan kesempatan untuk melihat anggrek hitam ini, selalu ingat untuk tidak merusaknya, ya!

Meskipun warnanya hitam, anggrek-anggrek cantik ini berbahaya, kok. Tidak seperti tujuh tanaman ini, yang cantik-cantik mematikan.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here