Indonesia Punya Anggrek Terbesar di Dunia, Lho!

Photo: bobo.grid.id

Indonesia patut berbangga karena memiliki ragam tumbuhan unik yang terkenal sampai ke dunia internasional. Nah, tahukah kamu, Indonesia punya anggrek terbesar di dunia? Anggrek terbesar di dunia ini ada di Kebun Raya Bogor dan disebut juga dengan anggrek macan.

Kalau kamu berkunjung ke Kebun Raya Bogor, coba sempatkan untuk melihat tanaman anggrek macan ini. Lokasinya cukup mudah dijangkau, kamu hanya perlu masuk melalui pintu tiga dan letak anggrek raksasa ini ada di seberang Masjid Kebun Raya Bogor. Jangan khawatir kamu akan kesulitan untuk menemukan anggrek raksasa ini, karena ada papan penunjuk jalan dan petugas yang bisa kamu tanyai.

Anggrek macan yang mirip kulit macan

Photo: flickr

Anggrek ini disebut anggrek macan karena punya corak bunga menyerupai kulit macan. Anggrek ini juga sering disebut anggrek tebu karena tekstur batangnya mirip tumbuhan tebu. Bunga raksasa ini dapat ditemukan di pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Keistimewaan anggrek macan

Anggrek macan punya keistimewaan yang unik, lho. Bunga anggrek macan butuh waktu kurang lebih dua tahun untuk mekar, tapi hanya bertahan maksimal dua minggu.

Anggrek macan punya batang yang menjuntai hingga tiga meter dan panjang daunnya bisa mencapai 50-100 meter. Meskipun waktu untuk mekarnya cukup lama, tapi ketika berbunga jumlah kuntum di tangkainya berjumlah 50-100 kuntum dengan panjang sampai dua meter, lho.

Tertarik untuk melihat anggrek macan ini, Inspirator? Datang saja ke Kebun Raya Bogor. Anggrek macan bukan satu-satunya anggrek istimewa di Indonesia, masih ada anggrek hitam nan langka yang harganya bisa mencapai seratus juta rupiah.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here