Indonesia Akan Segera Punya Digicoop, Smartphone 4G “Gratis” Kreasi Anak Bangsa

Pemerintahan Jokowi sedang sibuk-sibuknya meningkatkan kedaulatan negara dari berbagai sisi mulai dari kedaulatan maritim, pangan, pertahanan dan keamanan laut, darat dan udara, dan berbagai hal lainnya. Kini Indonesia mulai menjajaki kedaulatan digital, sebuah cita-cita yang sedang diwujudkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi bersama dengan anak bangsa dengan menciptakan smartphone 4G bernama Digicoop.

Digicoop merupakan smartphone yang dihasilkan dari kerjasama antara Kemenristekdikti, industri, pelaku pasar, dan tim peneliti dari Institut Teknologi Bandung (ITB). Menristek, M. Nasir mengatakan bahwa keberadaan Digicoop menjadi langkah untuk tidak membiarkan karya-karya penelitian anak bangsa terbengkalai sebatas pada tumpukan kertas yang tersusun rapi di rak perpustakaan.

“Saya merasa bangga betul. Semoga produk ini bisa mengambil pasar, network harus kita bangun. Mudah-mudahan produk ini bisa kompetitif, punya nilai tambah, dan menjadi kebanggaan,” kata dia dilansir dari Kompas.com (13/1), saat berkunjung ke VS Technology Indonesia, yakni manufaktur untuk smartphone 4G lokal hasil pengembangan ITB.

Digicoop, smartphone 4G karya anak bangsa | Sumber: kompas.com
Digicoop, smartphone 4G karya anak bangsa | Sumber: kompas.com

Uniknya lagi, smartphone ini akan diberikan secara gratis jika kamu mau bergabung dan berkontribusi di Koperasi Digital Indonesia Mandiri untuk mewujudkan kedaulatan digital bangsa Indonesia. Jika Inspirator aktif membayar iuran wajib 1 tahun, maka Digicoop akan memberikan smartphone 4G tersebut sebagai tanda keanggotaan. Smartphone yang dipegangpun nantinya akan diganti secara gratis jika Digicoop mengeluarkan series terbaru dari smartphone Digicoop.

Semakin sering Inspirator nantinya menggunakan Digicoop maka semakin besar pula poin yang bisa diperoleh. Poinnya untuk apa? Poin yang diperoleh bisa ditukarkan untuk membeli jasa dari pihak ketiga yang bekerjasama dengan Digicoop seperti pulsa, voucher belanja online, dan lainnya.

Uniknya lagi, aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone Digicoop diisi oleh aplikasi buatan lokal seperti Coop Mail (e-mail), Coop Browser (peramban), Coop Account (akun Coop), Coop Ad (aplikasi iklan), Coop Cloud (penyimpanan), Coop Store (toko aplikasi), dan Coop Messenger (aplikasi chatting).

Namun Inspirator rasanya perlu bersabar karena pihak Digicoop belum berencana merilis besar-besaran smartphone Digicoop ke pasaran. Jika Inspirator berminat menjadi anggota Digicoop, bisa mendaftar di sini . (DAR)

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here