IFL Chapter Lampung Resmikan Perpustakaan Desa ke-9 di Dusun Sungai Langka Ringin

fl-chapter-lampung-resmikan-perpustakaan-desa-ke-9-di-dusun-sungai-langka-ringin

Menurut data dari UNESCO, hanya ada 1 dari 1.000 orang masyarakat Indonesia memiliki minat baca tinggi. Padahal, minat baca masyarakat sangat erat kaitannya dengan kualitas suatu bangsa itu sendiri. (kompasgramedia.com, 11 Mei 2016)

Indonesian Future Leaders Chapter Lampung atau biasa dikenal dengan IFL Lampung merupakan salah satu organisasi pemuda di Lampung yang memfokuskan diri pada kegiatan pemberdayaan pemuda dan kerelawanan sosial. IFL Lampung berusaha menjadi wadah bagi pemuda  untuk melakukan kegiatan positif yang bermanfaat untuk membangun daerahnya, Lampung, dan mengalihkan perhatian pemuda Lampung dari kegiatan negatif yang semakin hari kian marak terjadi.

Merasa pendidikan sebagai kunci utama pembangunan, IFL Lampung menginisiasi gerakan yang peningkatan minat membaca. Sejak tahun 2013, IFL Lampung secara bertahap dan konsisten mendirikan perpustakaan atau rumah baca di beberapa desa di Lampung.

Rumah baca yang dirintis IFL Lampung tersebar di berbagai desa, diantaranya:  Desa Margarejo (Lampung Selatan), Desa Cilimus (Pesawaran), Desa Basungan (Lampung Barat), Desa Sendang Rejo (Lampung Tengah), Desa Mulyo Aji (Tulang Bawang), Desa Umbul Asem (Bandar Lampung), Desa Kuripan (Lampung Tengah), dan Desa Tri Mulyo (Taman Bukit Barisan).

Sebelum mendirikan rumah baca, IFL Lampung terlebih dahulu memberikan pelatihan untuk karang taruna maupun perangkat desa di setiap desa yang akan dibangun rumah baca. Setelah dirasa siap, IFL Lampung akan mengumpulkan buku-buku dari book shelter IFL Lampung yang tersebar di Universitas Lampung, Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung, IBI Darmajaya, SMTI Pahoman, dan sekolah Alkautsar Lampung. Buku-buku tersebut kemudian disortir dan dirapikan sebelum dikirimkan langsung oleh Tim IFL Lampung ke desa yang akan menerimanya.

Pada hari Minggu (22/1) kemarin, IFL Lampung baru saja meresmikan salah satu perpustakaan desa  bernama “Tabur Pelangi”. IFL Lampung,  berkolaborasi dengan pemuda-pemudi Dusun Sungai Langka, membuat Taman Buku Rakyat Pemuda-Pemudi Sungai Langka Ringin  (Tabur Pelangi) yang terletak di Dusun Sungai Langka Ringin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Tabur Pelangi merupakan perpustakaan ke-9 yang telah didirikan oleh IFL Lampung.

Alasan utama IFL Lampung mendirikan perpustakaan ialah untuk memastikan tersedianya buku-buku sebagai alat penunjang yang berperan penting dalam meningkatkan minat baca masyarakat,  khususnya anak-anak yang ada di Provinsi Lampung. Dengan adanya Perpustakaan Desa, tidak hanya anak-anak desa yang mendapatkan akses terhadap buku pelajaran maupun bacaan yang baik dan berkualitas, warga desa secara keseluruhan juga dapat menambah pengetahuan dan kemampuan kreatif mereka melalui buku-buku bacaan yang disediakan.

fl-chapter-lampung-resmikan-perpustakaan-desa-ke-9-di-dusun-sungai-langka-ringin
Presiden IFL Chapter Lampung, Tri Hana Pratiwi, tengah menyerahkan buku secara simbolis untuk perpustakaan desa kepada perangkat desa di Desa Tri Mulyo, Taman Bukit Barisan, Lampung. (Foto: IFL Chapter Lampung)

Kegiatan peresmian ini juga diisi dengan kegiatan bermain sambil belajar bersama anak-anak yang rata-rata berada di jenjang TK – SD. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri, kreativitas, serta sportivitas anak-anak desa.  Selain itu, kegiatan ini juga diisi dengan diskusi antara IFL lampung degan pemuda setempat mengenai permasalahan serta potensi masyarakat yang ada desa tersebut. 

Tri Hana Pratiwi, selaku Presiden dari IFL Chapter Lampung mengatakan, “Kami ingin membudayakan rajin membaca sejak dini kepada anak-anak. Walaupun mereka tinggal di desa dan tidak mempunyai akses ke toko buku, kami berharap dengan perpustakan desa yang kami buat dapat meningkatkan minat baca anak-anak dan mayarakat desa. Karena, kami percaya, membaca adalah mimpi dengan mata terbuka dan setiap orang membutuhkan mimpi untuk menjalani hidup dengan penuh semangat. Dengan membaca, kita memenuhi kebutuhan akan pengetahuan dan wawasan yang penting untuk menggapai mimpi tersebut.“

Penulis: IFL Chapter Lampung (II)

Keep Breathing, Keep Inspiring!

Inspirator Freak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here