HUT Ke-5 KOMPAS CORNER: UNLEASH YOUR PASSIONPRENEUR SOUL!

TANGERANG, 1 Mei 2018 – Kompas Corner di Universitas Multimedia Nusantara pertama kali diresmikan pada 2 Mei 2013 yang juga bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional. Kompas Corner hadir untuk mendekatkan mahasiswa dengan berbagai informasi khas sajian Harian Kompas yang diwujudkan dengan ruangan interaksi yang dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk keperluan tugas kuliah, antara lain: mengakses Kompas Data, mengakses Kompas.id dan juga membaca buku Penerbit Buku Kompas.

Pada tahun 2018 ini, Kompas Corner menginjak usia kelima. Dalam rangka perayaannya, Kompas Corner akan membuat rangkaian kegiatan acara berupa seminar dan lokakarya (masterclass) yang bertemakan Passion dan Entrepreneur. Tema lengkap HUT ke-5 Kompas Corner:  Unleash Your Passionpreneur Soul to Create Impact pada 2-3 Mei 2018. Melalui acara ini, Kompas Corner berharap dapat menginspirasi peserta dengan ilmu pengetahuan terkait dengan dunia kewirausahaan (entrepreneurship). Pemilihan tema dipilih karena, “Kami ingin memberikan inspirasi kepada para peserta bahwa untuk menjalankan bisnisnya perlu mengikuti passion yang dimilikinya juga, jadi bukan hanya ikut-ikutan trend sesaat,” ujar Ly Agung Yuliarto selaku Ketua Acara.

Rangkaian acara Kompas Corner

Dimulai pada 2 Mei 2018, perayaan HUT Ke-5 Kompas Corner akan dibuka dengan seminar yang menampilkan serangkaian pembicara seperti Handoko Hendroyono, Produser Filosofi Kopi sekaligus kreator konten yang akan membicarakan mengenai pentingnya peran passion dalam menjalankan usaha. Selanjutnya, sesi dilanjutkan Edward Widjonarko, founder perusahaan teknologi finansial cicil.co.id yang akan membicarakan mengenai alternatif akses pendanaan bagi wirausahawan untuk menjaga keberlangsungan usahanya (sustainability). Juga ada Christopher Tobing yang merupakan Managing Director South East Asia dari Big Change Agency dan sekaligus Founder NusantaRun yang akan membicarakan mengenai perlunya menemukan permasalahan sosial yang akan dipecahkan oleh kalangan wirausaha saat menjalankan bisnisnya.

Workshop bertabur masterclass

Penyelenggaraan seminar akan diikuti pendalaman materi yang dinamakan Masterclass Session. Mengenai sesi ini, Sulyana Andikko selaku Community Engagement Specialist Kompas menjelaskan, “Setelah para pembicara menyajikan materi mereka kepada peserta mengenai bagaimana menggerakkan  passion dari diri peserta untuk menciptakan dampak positif bagi sekitar, kami memberikan kelas pendalaman agar peserta bisa lebih mempertajam lagi ide bisnisnya sekaligus paham bagaimana menjual idenya, mempresentasikan, sekaligus memanfaatkan kanal sosial media yang representatif bagi brand-nya.”

Pada 3 Mei 2018, Kompas Corner menyediakan berbagai workshop yang dapat dipilih untuk diikuti peserta. Tema besar workshop ini adalah The Process of Unleashing Your Passion to Create Impact. Narasumber yang akan mengisi sesi workshop sendiri adalah Dian Maya Puspitasari, selaku Marketing Ideation Consultant di Big Change Agency yang akan mengajar masterclass berjudul “How to Generate and Pitch Your Ideas”. Masterclass ini bertujuan untuk mengajak peserta untuk menggali dan mempresentasikan ide dengan meyakinkan serta memberikan tips dan trik saat mempresentasikan ide mereka kepada pihak lain. Kemudian ada Helman Taofani, selaku Advertising Production Manager Harian Kompas yang akan membawakan masterclass  berjudul “How to Create Impactful Design Presentation“. Masterclass ini bertujuan untuk mengedukasi peserta bagaimana menciptakan tampilan presentasi yang menarik dan cara berkomunikasi dalam mengombinasikan aspek visual yang sesuai.

Selanjutnya juga ada Didit Putra Erlangga, saat ini Social Media Vice Manager Harian Kompas, akan membawakan masterclass berjudul “Social Media and the Importance of Credible Medium.” Masterclass ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada peserta tentang tips dan trik bagaimana sebuah bisnis dalam pengelolaan konten media sosial dan pentingnya kredibilitas bagi sebuah bisnis (brand). Masterclass terakhir akan dibawakan Mada Riyanhadi, Brand Designer di Visual Project yang membawakan masterclass berjudul “Optimizing Instagram: Visual Storytelling for Brands“, yang akan membekali peserta untuk mengoptimalkan fitur-fitur yang tersedia di Instagram dan memasarkan bisnisnya melalui cerita yang kuat bagi eksistensi brand-nya (visual storytelling).

“Kami berharap acara ini dapat bermanfaat bagi generasi milenial yang haus pengetahuan dan punya rasa ingin tahu yang tinggi untuk berinovasi. Semoga bisa menyumbang peningkatan jumlah entrepreneur di Indonesia yang saat ini jumlahnya kurang dari empat persen,” pungkas Ly Agung Yuliarto.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here