Kenali dan Hindari Kejahatan Skimming dengan 3 Tips Ini

Sumber : Loansfind

Akhir-akhir ini marak aksi pembobolan uang dari tabungan nasabah yang dicuri melalui metode skimming. Dikutip dari laman “How Stuff Works”, skimming adalah kegiatan menyalin informasi yang terdapat di magnetic stripe (pita hitam di sisi belakang kartu ATM) kartu debit maupun kartu kredit secara ilegal, supaya pelaku dapat memiliki kendali penuh atas rekening korbannya.

Metode skimming dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut skimmer. Cara kerja alat ini cukup mudah, cukup dengan menempelkannya di slot ATM (tempat memasukkan kartu), lalu skimmer akan membaca data korban. Data-data itu kemudian dikirimkan kepada pelaku melalui SMS. Tindakan kejahatan ini tentu sangat merugikan banyak pihak. Selain nasabah kehilangan uang tabungannya, bank tempat nasabah itu menyimpan uang juga akan dinilai buruk karena tidak dapat menjaga keamanan dananya.

Lalu bagaimana cara supaya kita terhindar dari kejahatan skimming? Berikut tiga tips sederhana untuk melindungi diri dari kejahatan skimming:

1. Jaga kerahasiaan PIN dan ganti secara berkala

Sumber : dailytimes.com

PIN (Personal Identification Number) memiliki fungsi penting untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan informasi keuangan kamu. Jangan menggunakan PIN yang mudah ditebak, contohnya tanggal lahir. Mengganti PIN kartu ATM secara berkala juga merupakan hal sepele yang sering terabaikan. Padahal, jika hal ini rutin dilakukan, kamu bisa memperkecil risiko pembobolan dana di rekening kamu oleh pihak tidak bertanggung jawab.

2. Awas dengan lingkungan tempat kamu bertransaksi

Sumber : www.news9.com

Perhatikan lingkungan sekitarmu saat kamu ingin melakukan transaksi di ATM. Naungi tombol dengan tangan ketika kamu menekan nomor PIN, untuk mengantisipasi adanya kamera pengintai yang mengawasi ketika kamu bertransaksi. Usahakan juga untuk bertransaksi di ATM yang dijaga petugas keamanan, supaya ketika ada hal mencurigakan, kamu bisa langsung melaporkan padanya.

3. Jangan memberitahu PIN dan data diri kamu pada siapa pun

Sumber : www.businesstoday.in

PIN dan data diri nasabah sifatnya sangat rahasia, bahkan petugas bank juga tidak berhak mengetahui PIN dan password nasabahnya. Jadi, jika ada orang mengaku sebagai petugas bank atau orang itu menggunakan modus undian berhadiah supaya kamu memberikan data diri dan kode PIN-mu padanya, kamu harus bijak dalam menyikapinya ya, Inspirator. Jangan langsung terbuai janji-janji yang diberikan, karena kamu sendiri yang rugi nantinya.

Nah, itu tiga tips untuk menghindari kejahatan skimming, yang jika kamu terapkan bisa mengurangi risiko rekening kamu diretas pelaku kejahatan skimming. Info terakhir untuk kamu, Inspirator, jika kamu kehilangan kartu ATM segera blokir kartu dengan melaporkannya ke call center bank penerbit kartumu supaya tidak sempat disalahgunakan pihak lain.

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here