Hewan-Hewan Ini Bisa Menyebabkan Kematian Tragis Bagi Manusia, Hewan Apa Saja Ya?

Photo: beritagar.id

Menurut infografis dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2014, ada hewan-hewan yang menyumbang angka kematian manusia cukup besar setiap tahunnya. Tidak disangka ya, meskipun hewan-hewan ini hidup berdampingan dengan manusia, di sisi lain keberadaannya dapat menyebabkan kematian tragis bagi manusia. Setiap tahunnya, pasti ada manusia yang meninggal karena hewan-hewan ini. Hewan apa saja, ya?

1. Singa dan gajah

Dua hewan ini cukup disegani di hutan. Apabila merasa terganggu, hewan-hewan ini dapat menyerang manusia dengan mudah. Berdasarkan data, dua hewan ini bisa menyebabkan 100 orang meninggal setiap tahunnya.

2. Kuda nil dan buaya

Inspirator tahu Sungai Nil? Ya, dua hewan ini banyak hidup di sungai itu. Bahkan, keduanya mereka sering bertarung untuk memperebutkan daerah kekuasaan, lho. Saking kuatnya hewan-hewan ini, seekor kuda nil bisa menewaskan 500 manusia dalam setahun, sedangkan buaya dua kali lipatnya, Inspirator. Hiii, seram!

3. Tapeworm dan Ascaris Roundworm

Meskipun kecil, hewan ini bisa membunuh 2.000-2.500 manusia dalam setahun, lho! Larva cacing ini bisa masuk ke tubuh manusia melalui makanan yang kurang bersih.

4. Lalat tsetse

Dalam setahun, binatang asal Afrika ini bisa menyebabkan 10.000 orang meninggal dunia. Penyakit yang dibawa lalat ini yaitu Trypanosomiasis–penyakit tidur–yang menyebabkan penderitanya mendadak tidak sadarkan diri atau pingsan. Jika telat ditangani, akan berujung kematian.

5. Ular

Tercatat ada 50.000 orang meninggal karena hewan melata ini. Kamu harus hati-hati dengan ular, karena bisa ular berbahaya dan mematikan.

6. Anjing

Memang, hewan lucu ini cocok dijadikan peliharaan, tapi akan mematikan jika anjing terinfeksi rabies dan kamu digigit. Dalam setahun, ada 25.000 orang meninggal akibat anjing rabies.

7. Nyamuk

Mungkin kamu menganggap sepele hewan kecil ini, yang bisa mati hanya dengan sekali tepuk. Jangan salah. Menurut WHO, 725.000 nyawa melayang setiap tahun karena terjangkit malaria, demam berdarah, chikungunya, dan zika yang di bawa nyamuk. Meskipun kecil, hewan ini ternyata sangat berbahaya, Inspirator!

Nah, itu beberapa hewan yang bisa menyebabkan kematian tragis bagi manusia. Intinya, kamu harus senantiasa berhati-hati ya, Inspirator!

Keep Breathing, Keep Inspiring!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here